Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

11 Makanan Tradisional Bali yang Harus Kamu Coba!

SintyaSintya
11 Makanan Tradisional Bali yang Harus Kamu Coba!1
www.perutgendut.com
Ngga cuma punya segudang tujuan wisata dengan pemandangan yang indah aja, Bali juga punya lho ragam kuliner tradisional yang bisa kamu cobain. Lumayan kan, walaupun kamu belum ada kesempatan buat ke Bali langsung, yang penting kamu bisa nih pemanasan dulu dengan makan berbagai makanan tradisional Bali. Mau tau apa aja makanan tradisional Bali yang harus kamu coba? Yuk, simak list-nya berikut ini!

Ayam Betutu

Ayam Betutu2
Photo Source:  www.perutgendut.com
Buat kamu pecinta makanan pedas, pas banget nih buat cobain makanan tradisional Bali yang satu ini. Namanya ayam betutu. Mungkin beberapa dari kamu sudah tau makanan yang satu ini, tapi pasti masih ada yang belum tau kan kalau bumbu ayam betutu itu dimasukin ke dalam ayam kampung yang masih utuh dan kemudian dibungkus daun pisang sebelum akhirnya dipanggang dalam bara api selama kurang lebih 24 jam biar bumbunya meresap dan gurih. Wow!

Sate Lilit Bali

Sate Lilit Bali3
Photo Source:  resephariini.com
Beda sama sate pada umumnya di mana dagingnya ditusuk, kalau sate lilit dagingnya dililit dalam satu batang daun serai atau bambu. Sebelumnya dagingnya dicincang dan dimasak pakai bumbu Bali. Biasanya daging yang digunakan adalah daging ayam, babi, dan ikan tenggiri. Tapi sate lilit dengan daging ikan tenggirilah yang jadi primadona di Bali.

Sambal Matah

Sambal Matah4
Photo Source:  citaresep.blogspot.com
Sambal yang satu ini segar dan pedasnya mantep banget. Cara bikinnya pun gampang, karena kamu tinggal potong cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan daun jeruk terus disiram pakai minyak goreng panas. Ngga lupa juga tambahin perasan jeruk purut. Dijamin maknyus!

Babi Guling

Babi Guling 5
Photo Source: 
Selanjutnya ada babi guling. Pasti banyak dong yang doyan sama daging babi? Makanan ini adalah salah satu tujuan banyak orang datang ke Bali. Katanya sih warna kulit babi yang kecoklatan setelah dibakar inilah yang rasanya enak dan renyah banget. Ngga cuma itu, dagingnya juga juicy dan kaya rempah-rempah yang dimasukkan ke dalam perut babi yang diguling di atas bara api. Mau coba?

Lawar Kuwir

Lawar Kuwir6
Photo Source:  www.masakandapurku.com
Lawar adalah campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang diracik khusus pakai bumbu khas Bali. Biasanya sih lawar ini menggunakan campuran daging babi, tapi kamu juga bisa nemuin lawar dengan campuran daging bebek entog atau kuwir di Bali yang rasanya juga ngga kalah enaknya. Sayuran yang dipakai biasanya adalah kacang panjang dan parutan kelapa yang dilumuri bumbu Bali.

Nasi Campur Ayam

Nasi Campur Ayam7
Photo Source:  www.wheretoeat-bali.com
Ada juga nasi campur ayam. Dijamin kenyang dan puas deh, karena kamu bisa makan berbagai lauk dalam satu nasi. Mau coba?

Rujak Kuah Pindang

Rujak Kuah Pindang8
Photo Source:  www.hipwee.com
Hampir sama kayak rujak pada umumnya, rujak pindang isinya potongan buah-buahan segar yang disiram sambal segar. Bedanya, bumbu rujaknya adalah kaldu yang dibuat dari campuran ikan, terasi, garam, dan cabai.

Serombotan

Rujak Kuah Pindang9
Photo Source:  anandatour.web.id
Makanan ini dibuat dari campuran sayuran yang disiram bumbu yang disebut kalas. Kalas sendiri adalah santan yang dicampur kunyit tumbuk, bawang merah, lengkuas, bawang putih, kencur, dan ketumbar. Kayak apa ya rasanya?

Nasi Jinggo

Nasi Jinggo10
Photo Source:  tempatberwisatamurah.com
Nasi ini juga favoritnya orang Bali karena harganya yang murah, enak, dan pedas. Biasanya sih isinya daging ayam suwir, mie goreng, telur, dan tempe. Semacam nasi rames ya?

Tum Ayam Khas Bali

Tum Ayam Khas Bali 11
Photo Source:  www.sashylittlekitchen.com
Tum ayam ini sejenis pepes yang dibuat dari daging ayam cincang yang dimasak dengan bumbu rempah yang bikin tum ayam ini terasa gurih dan nagih.

Rujak Bulung

Rujak Bulung12
Photo Source:  ksmtour.com
Rujak bulung dibuat dari rumput laut yang disajikan pakai parutan kelapa yang sebelumnya dibakar dulu dan dicampur bumbu yang sudah diulek.