Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

10 Jajanan Jaman SD Yang Masih Tetap Ngangenin

Chandra WijayaChandra Wijaya
Entah kenapa, suara bel istirahat atau pulang sekolah terdengar sangat merdu dan teduh di telinga saat masa SD dulu. Tujuan utama waktu bermain tiba, sudah pasti kantin sekolah atau koperasi, lalu membeli beberapa jajanan di bawah ini dan seolah menjadi lorong waktu bagi generasi 90.

Permen Kaki Hot Hot Pop

2
Photo Source: Tokopedia
Jika dipikir-pikir, rasa permen kaki ini sebenarnya enggak ada bedanya dengan permen pada umumnya. Tapi entah kenapa justru permen ini paling laris manis di warung-warung depan sekolah. Mungkin karena bentuknya yang unik saat itu.

Kue Cubit Laba-Laba

3
Photo Source: Kompasiana
Jauh sebelum kue cubit warna-warni masa kini, jajanan khas SD rasanya berbeda dan lebih enak. Apalagi kalau setengah matang!

Lidi Asin Pedas

4
Photo Source: www.okwave.com
Jajanan yang penuh dengan dosa MSG ini menjadi salah satu yang paling favorit. Semakin dilarang, semakin dimakan! Pilihan rasa asin atau pedas, enak banget kalau dimakan berlapis-lapis.

Permen Rokok

5
Photo Source: liputan9
"Wah, ngerokok! Bilangin Bu Guru ah!". Kalimat yang sudah pasti terucap kalau makan permen ini saat istirahat atau pulang sekolah. Rasanya yang justru manis sudah pasti bikin anak-anak ketagihan. Biar bisa sekalian nampang!

Anak Mas

6
Photo Source: 
Pernah nyoba masak mie ini? Hai anak 90-an! Enggak usah dimasak pun, mie ini udah enak banget. Krenyes-krenyes asin dengan bumbu mecin yang berlimpah.

Es Moni

7
Photo Source: mfrbee
Apa kabarnya ya es ini? Terik matahari pas pulang sekolah, terus nyeruput Es Moni dengan pilihan rasa anggur, jeruk, stroberi, dan lain-lain. Surgawi!

Choki-Choki

Ini dia seniornya Nutella, Ovomaltine, Toblerone, dan lain-lain. Choki-Choki! Jauh sebelum ketiga selai cokelat itu hadir, jajanan ini udah jadi kegemaran anak-anak dulu. Cara makannya dulu, bisa langsung ataupun dioles ke roti! Enak!

Rambut Nenek

Jajanan yang hampir mirip dengan gulali ini memang sepintas menyeramkan. Tapi saat dicoba, enggak seperti namanya! Kalau dulu sempat nyobain jajanan ini, kalian harus bangga. Karena tahukah kalau ini merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia?

Wafer Superman

10
Photo Source: www.mayora.com
Fix! ini adalah snack yang terlupa. Udah lama rasanya enggak melihat wafer cokelat bergambar superman ini. Kalau beli ini, sepertinya harus langsung satu dus!

Permen Kelinci

11
Photo Source: www.aliexpress.com
Pelopor permen dimana plastiknya juga bisa dimakan. Sampai sekarang pun masih takjub dengan makanan canggih ini. Kok bisa ya?