Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

10 Daun Yang Bikin Masakan Jadi Lebih Lezat

SintyaSintya
10 Daun Yang Bikin Masakan Jadi Lebih Lezat1
10 Daun Yang Bikin Masakan Jadi Lebih Lezat
Demi mendapatkan cita rasa yang khas, beberapa daun juga digunakan sebagai racikan bumbu pada masakan. Mau tahu daun apa saja yang bisa membuat menu jadi terasa lebih spesial? Simak info Qraved berikut! 

1. Daun Salam

Daun salam2
Photo Source:  tergemes
Daun salam atau bay leaf ini banyak digunakan sebagai penyedap, membuat aroma masakan jadi lebih kuat, dan bikin masakan terasa lebih legit. Biasanya daun salam digunakan dalam kondisi yang sudah dikeringkan, tapi ada juga yang memakai daun salam yang masih hijau. Beberapa masakan yang menggunakan daun ini sebagai bumbu di antaranya adalah pepes, sayur asem, dan aneka tumisan. Tidak hanya bisa digunakan sebagai penyedap, daun salam juga ampuh untuk mengobati berbagai penyakit, seperti hipertensi dan asam urat lho! 

2. Daun Jeruk Purut

Daun jeruk purut3
Photo Source:  Tokopedia
Selanjutnya ada daun jeruk purut yang memberikan rasa dan aroma segar untuk beberapa makanan tertentu. Salah satu makanan yang biasa menggunakan daun jeruk adalah adalah sambal matah. Dalam sambal ini biasanya daun agan diiris tipis dan kemudian dicampurkan dengan bahan lainnya. Wangi dan segar! 

3. Daun Mint

Daun mint4
Photo Source:  khasanah info
Sedangkan daun yang satu ini biasanya sering dijadikan tambahan dalam minuman, seperti teh, smoothies atau fruit punch. Daun mint akan memberikan sensasi dingin dan segar dalam minuman. Tapi, ada juga kok yang menggunakan daun mint dalam saus pasta. Pernah coba?

4. Daun Pisang

Daun Pisang5
Photo Source:  agenjudi.xyz
Jika daun lainnya dijadikan sebagai penyedap alami dan dicampurkan sebagai bumbu, beda lagi dengan daun pisang yang biasa dipakai untuk membungkus masakan seperti pepes dan nasi uduk. Makanan yang dibungkus daun pisang biasanya akan punya aroma lebih sedap. Setuju?

5. Daun Jati

daun jati6
Photo Source:  Kompas.com
Hampir sama dengan daun pisang, daun jati juga banyak digunakan untuk membungkus makanan atau membungkus daging di pasar. Tidak cuma itu, kalau kamu pernah makan Nasi Jamblang khas Cirebon, alas yang digunakan di piringnya adalah daun jati. Selain itu, daun jati juga dijadikan bumbu saat memasak gudeg. 

6. Daun Pandan

Daun pandan7
Photo Source:  sajidinapotik.blogspot.com
Kalian pasti kalau daun yang satu ini seringkali dijadikan sebagai bahan penyedap dan pewangi makanan seperti bubur kacang hijau, nasi liwet, dan berbagai makanan lainnya. 

7. Daun Mangkokan

daun mangkokan8
Photo Source:  zonalima
Memiliki bentuk yang menyerupai mangkok, membuat daun ini diberi nama serupa. Kalau kalian masih ingat, mungkin dulu saat masih kecil sering bermain menggunakan daun mangkokan ini sebagai wadah masak-masakan. Pada kenyataannya, daun mangkokan ini juga biasa digunakan sebagai wadah makanan serta penambah aroma segar pada makanan. Selain itu juga dapat mengurangi bau anyir pada daging sapi atau ikan yang akan diolah.

8. Daun Ketumbar

daun ketumbar9
Photo Source:  Nectura Juice
Bentuk daunnya hampir mirip dengan daun seledri, namun warna daunnya jauh lebih muda dan aromanya sangat tajam. Gunanya adalah untuk memberi aroma pada hidangan berkuah, tumis, atau bahkan untuk taburan seperti pada hidangan seafood atau makanan Vietnam.

9. Daun Bawang

daun bawang10
Photo Source:  Vemale.com
Meskipun masih ada saja beberapa orang yang tidak menyukai daun bawang atau daun seledri dalam makanan mereka, biasanya alasannya adalah karena aromanya yang kuat dan kadang rasanya selalu tertinggal di mulut. Tapi percayalah kalau daun bawang ini bisa meningkatkan kelezatan sebuah masakan, seperti sop, mie ayam, atau telur dadar . Setuju?

10. Daun Kemangi

daun kemangi11
Photo Source:  radaronline.co.id
Selain sering digunakan sebagai salah satu menu lalapan, daun kemangi  atau basil juga bisa menambah aroma dan rasa pada masakan, lho! Lagi-lagi pepes adalah makanan yang menggunakan daun jenis ini. Hal ini karena aroma wanginya yang kuat.