Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Ibu Hamil Mesti Cek Kebenaran 6 Mitos Makanan Ini!

Ganesha WandaGanesha Wanda
Ibu Hamil Mesti Cek Kebenaran 6 Mitos Makanan Ini! 1
truweight
Bagi ibu-ibu hamil, berbagai saran dan informasi seputar kehamilan pasti jadi hal yang ingin selalu dicari tahu demi kelancaran kehamilannya. Terlebih lagi buat wanita yang hamil untuk pertama kalinya. Tapi masalahnya, tidak semua informasi yang datang itu terbukti kebenarannya. Seperti diantaranya 6 mitos atau anggapan yang salah mengenai makanan buat ibu hamil. Simak aja nih! 

Mangga Muda

Ibu Hamil Mesti Cek Kebenaran 6 Mitos Makanan Ini! 2
Photo Source:  everydayliked
Kebanyakan wanita yang hamil muda kerap ingin makan buah yang cenderung asam dengan tujuan untuk mengurangi rasa mual, salah satunya yaitu mangga muda. Namun, ternyata mengonsumsi mangga muda atau buah asam lainnya justru tidak baik karena dikhawatirkan akan membuat ibu merasa semakin mual karena rasa asam berlebihan. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi mangga muda juga berisiko menyebabkan iritasi pada lambung. Sebagai gantinya rasa mual dapat diredakan dengan makanan yang kaya akan serat, seperti biskuit atau roti gandum.

Kacang Hijau

Ibu Hamil Mesti Cek Kebenaran 6 Mitos Makanan Ini! 3
Photo Source:  go-dok
Selama ini banyak yang beranggapan bahwa mengonsumsi kacang hijau bagi ibu hamil dapat membuat rambut bayinya menjadi lebat. Namun, hal tersebut hanya mitos belaka. Tebal tipisnya rambut bergantung pada gen orang tua. Akan tetapi mengonsumsi kacang hijau memang dianjurkan untuk ibu hamil karena mengandung serat tinggi, vitamin B1, B6 dan B12 yang bisa membantu ibu hamil yang mengalami konstipasi.

Air Es

Ibu Hamil Mesti Cek Kebenaran 6 Mitos Makanan Ini! 4
Photo Source:  khasiat
Selain kacang hijau, banyak juga orang yang beranggapan bahwa banyak mengonsumsi air es bagi ibu hamil dapat menyebabkan bayinya akan lahir dengan berat badan besar. Namun sumber Dr. dr. Noroyono Wibowo, Sp.OG(K), mengatakan bahwa pernyataan tersebut merupakan mitos. Yang bermasalah bukanlah mengonsumsi air es, namun bahan lain yang terdapat di dalam air es seperti sirup atau minuman manis lainnya. Jika ibu hamil mengonsumsi air es dengan bahan minuman yang mengandung gula berlebihan tentu akan menimbulkan risiko kegemukan, sehingga membuat berat badan naik dan berpengaruh pada berat janin di dalam kandungan. 

Nanas

Ibu Hamil Mesti Cek Kebenaran 6 Mitos Makanan Ini! 5
Photo Source:  tips hidup sehat
Buah yang satu ini sering kali dianggap sebagai buah yang menyebabkan keguguran pada kehamilan. Tapi tahukah kamu kalau hal itu merupakan mitos. Nanas justru memiliki kandungan yang baik untuk ibu hamil karena merupakan sumber serat dan vitamin C yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh serta membantu memperlancar buang air besar selama kehamilan.  Namun begitu, tapi sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi buah ini terutama bagi ibu hamil muda. Dan pastikan untuk menyantap buah nanas yang sudah matang ya!

Seafood

Ibu Hamil Mesti Cek Kebenaran 6 Mitos Makanan Ini! 6
Photo Source:  taste au
Mengonsumsi seafood memang menjadi salah satu pantangan makanan bagi ibu hamil karena beberapa jenis makanan laut mengandung logam merkuri yang berkadar tinggi, sehingga bisa menghambat pertumbuhan sistem saraf janin. Namun, asupan omega 3 juga dibutuhkan pada saat hamil. Ahli gizi Leona Victoria Djajadi, MND, mengatakan saat trimester awal memang sebaiknya mengurangi mengonsumsi seafood karena kondisi janin yang dikandung masih rentan, demi menghindari risiko keracunan janin dan keguguran. 
Namun sebaliknya, saat memasuki trimester ketiga, ketika kondisi janin sudah kuat, memakan seafood sangat disarankan untuk dikonsumsi karena mengandung protein, omega-3, dan lemak esensial yang baik. Charles Santerre, ahli penyakit dan nutrisi, menyarankan agar sebaiknya hindari ikan besar, seperti ikan tuna dan mackerel, karena dikhawatirkan menimbun logam berat dan lebih memilih untuk mengonsumsi ikan salmon karena tingkat terkontaminasi logam berat yang cukup rendah dan memiliki kandungan Omega 3 tinggi. Selain itu, pastikan menyantap seafood yang sudah dimasak. 

Teh Hijau

Ibu Hamil Mesti Cek Kebenaran 6 Mitos Makanan Ini! 7
Photo Source:  merdeka
Yang terakhir, banyak juga yang beranggapan bahwa teh hijau kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Faktanya, teh hijau mengandung kafein tinggi yang dapat meningkatkan denyut jantung dan metabolisme, sehingga ibu dapat mudah merasakan stres. Teh hijau juga tidak baik untuk janin, karena kafein dapat menembus plasenta yang akan memicu kontraksi. 
Pengen tahu tips-tips makanan sehat lainnya? Temukan di Qraved App yang bisa kamu download di sini.