Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Bahaya yang Mengintai Orang-Orang yang Doyan Lele

Ganesha WandaGanesha Wanda
5 Bahaya yang Mengintai Orang-Orang yang Doyan Lele 1
101resepmasakan
Makan ikan lele goreng memang enak sih! Daging ikannya yang lembut dengan luarannya yang garing memang bisa bikin ketagihan. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata mengonsumsi ikan lele juga dapat menyebabkan risiko penyakit lho! 

Hipertiroid

2
Photo Source:  okezone
Banyaknya peternak lele yang memanfaatkan kotoran baik hewan maupun manusia sebagai makan lele menjadi salah satu penyebab bahaya dalam mengonsumsi ikan lele. Bahaya yang akan dialami oleh seseorang yang mengonsumsinya yaitu munculnya gangguan pada kelenjar tiroid yang berada di sekitar leher. Gejala yang akan dialami yaitu leher terasa nyeri, timbulnya peradangan, serta infeksi. 

Mengandung berbagai macam bakteri aktif

3
Photo Source:  classconnection
Kebanyakan ikan lele dipelihara dengan cara yang tidak baik seperti kolam yang dibuat di bawah jamban pembuangan kotoran manusia. Hal tersebut dikarenakan adanya anggapan yang mengatakan bahwa ikan lele merupakan jenis ikan yang mampu bertahan hidup di dalam air kotor dan memakan kotoran manusia. Namun, nyatanya hal tersebut menyebabkan kualitas gizi pada ikan lele menjadi hilang dan mengandung banyak bakteri termasuk bakteri e-coli yang menyebabkan sakit perut dan diare.

Penyakit jantung

4
Photo Source:  salud
Ikan lele yang dipelihara dengan budidaya yang kurang baik ternyata juga berdampak terhadap kesehatan tubuh yang mengonsumsinya. Selain itu, cara memasak dengan menggunakan minyak bekas pakai dapat melipatgandakan bahaya bagi tubuh. Salah satunya yaitu memicu terjadinya penyumbatan terhadap pembuluh arteri pada jantung.   

Ada yang mengandung logam

5
Photo Source:  cremicrnis
Ikan lele yang dipelihara di dalam kolam yang tercemar partikel limbah beracun dengan kandungan logam juga berisiko pada kesehatan orang yang menyantapnya. Bakteri dan pengendapan logam atau merkuri menyebabkan kanker dan tumbuhnya tumor.   

Pertumbuhan sel abnormal

6
Photo Source:  aplaceformom
Selanjutnya, ikan lele yang dimasak dengan menggunakan minyak bekas pakai secara berulang-ulang berdampak pada terpaparnya radikal bebas yang mengandung asam lemak jenuh yang dapat memicu munculnya sel abnormal dalam DNA tubuh. Efek terburuknya adalah risiko terkena kanker hati, lambung, dan beberapa penyakit lainnya.  
Intinya, jangan berlebihan dan wajib tahu cara memasak yang tepat untuk lele yang akan kamu konsumsi.