Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Yuk, Kenalan Dengan Potongan Daging yang Murah!

Iqra RabikaIqra Rabika
Yuk, Kenalan Dengan Potongan Daging yang Murah!1
Yuk, Kenalan Dengan Potongan Daging yang Murah!
Kamu pasti sudah tahu dengan jenis potongan daging seperti Tenderloin, Sirloin, dan juga Rib Eye? Ternyata selain jenis itu, ada juga jenis potongan daging lain yang memiliki harga lebih murah. Apa saja ya? 
Yuk, Kenalan Dengan Potongan Daging yang Murah!2
Photo Source: 

Brisket

Yuk, Kenalan Dengan Potongan Daging yang Murah!3
Photo Source: 
Daging potongan brisket ini kalau di Indonesia lebih dikenal dengan nama Sandung Lamur. Daging bagian brisket ini berada di dada bagian bawah sapi, dan dagingnya cocok sekali untuk dijadikan bahan daging rawon.

Shin

Yuk, Kenalan Dengan Potongan Daging yang Murah!4
Photo Source:  Hopping Hogs BBQ Meat Rubs!
Kalau di luar negeri potongan daging bagian depan atas kaki sapi ini dikenal dengan nama Shin, namun kalau orang Indonesia lebih mengenalnya dengan sebutan Sengkel. Karena berada di atas kaki sapi, daging ini memiliki banyak urat yang menjadikannya sangat cocok untuk pembuatan bakso.

Flank

Yuk, Kenalan Dengan Potongan Daging yang Murah!5
Photo Source: 
Flank atau lebih dikenal dengan nama Sancan merupakan daging bagian bawah otot perut. Daging bagian ini memang lebih keras dibandingkan bagian lainnya, sehingga sebelum dimasak lebih baik jika dipukul-pukul terlebih dahulu. Daging ini nikmat untuk dibuat Taco dan juga daging tumis.

Silverside

Yuk, Kenalan Dengan Potongan Daging yang Murah!6
Photo Source:  Donald Russell
Bagian daging yang ini sering sekali tertukar dengan bagian Shin atau sengkel. Padahal daging bagian silverside yang lebih dikenal dengan nama Gandik ini merupakan potongan daging belakang atas dari sapi. Daging ini biasanya sering dijadikan dendeng balado karena dapat dipotong tipis-tipis.

Blade

Yuk, Kenalan Dengan Potongan Daging yang Murah!7
Photo Source:  Weber
Blade yang merupakan daging bagian bahu sapi ini berbentuk segi empat, dan lebih dikenal dengan nama Sampil. Biasanya daging bagian ini sering digunakan untuk rendang.

Top Rump

Yuk, Kenalan Dengan Potongan Daging yang Murah!8
Photo Source:  James & Everett
Daging yang satu ini sering disebut sebagai thick flank alias daging sancan namun dengan tekstur yang jauh lebih tebal dan lebih lembut daripada  daging sancan yang berada di bagian bawah. Jenis daging ini biasanya dimasak dengan cara dipanggang.