Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Warning: Plastik itu Jahat!

Iqra RabikaIqra Rabika
Warning: Plastik itu Jahat!1
MENARA 102.8 FM Radio Bali
Plastik. Kamu pasti sudah sangat akrab kan sama benda satu ini? Ya, benda ini memang dekat sekali dengan kehidupan, jika berbelanja kamu akan diberi pembungkus plastik, saat beli minuman kemasan juga pakai plastik, sampai makanan yang kamu beli pun biasanya dibungkus oleh plastik kan? Semua benda yang kamu gunakan itu rata-rata menggunakan plastik. Tapi tahu kah kamu kalau plastik itu sangat sulit terurai? Yuk, cari tau!
Warning: Plastik itu Jahat!2
Photo Source:  sriwijaya post
Plastik yang biasanya hanya kamu gunakan sekali itu, sangat sulit diurai oleh tanah karena rantai karbonnya yang panjang, dan mikroorganisme tanah tidak bisa mengurainya. Sehingga, plastik yang kamu buang akan ada selama ribuan tahun! 
Warning: Plastik itu Jahat!3
Photo Source:  uniqpost
Selain akan ada selama ribuan tahun di tanah, sampah plastik kamu juga bisa mencemari lingkungan, lho. Misalkan saja menyubat selokan yang bikin banjir, hingga menyakiti hewan yang ada di alam. Seperti ditemukannya sedotan plastik di dalam hidung kura-kura, sampai sapi di India yang ditemukan dengan 20kg plastik di dalam perutnya. 
Warning: Plastik itu Jahat!4
Photo Source:  Newsweek
Plastik tidak hanya berbahaya untuk hewan saja, bahkan untuk manusia juga berbahaya. Penggunaan plastik di setiap aspek kehidupan kamu, seperti makanan yang disajikan di styrofoam dengan sendok plastik, sampai minuman yang menggunakan botol plastik bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti menggangu kerja hormon kamu, kelainan hati dan jantung, hingga sistem imun kamu bisa terganggu dengan penggunaan plastik, dan yang paling parah adalah plastik dapat menyebabkan kanker! Wah, seram ya? 
Warning: Plastik itu Jahat!5
Photo Source:  Little Steps
Nah, makanya lebih baik dari sekarang mulai deh kurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari kamu. Bahkan di negara-negara lain seperti Perancis saja sudah melarang penggunaan alat makan yang terbuat dari plastik, di Jerman punya zero waste supermarket, dimana supermarket ini tidak menyisakan sampah untuk dibuang. Di Indonesia diet plastik juga sudah mulai di galakkan, hal ini terbukti dari kantong plastik yang kini berbayar.
Warning: Plastik itu Jahat!6
Photo Source:  sugar free mom
Daripada bumi punah gara-gara penggunaan plastik, yuk mulai sekarang kurangi penggunaan plastik. Mengurangi penggunaan plastik tidak susah kok, misalkan, kamu bisa bawa sendok dan garpu makan sendiri dibanding harus menggunakan sendok plastik. Selain itu, kamu juga bisa bawa tempat makan sendiri yang bisa digunakan terus menerus dan agar tidak pakai styrofoam, lalu bawa sendiri botol minum yang bisa di isi ulang. Kalau berbelanja juga biasakan bawa tas belanja sendiri ya!