Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Walaupun Sudah Kadaluarsa, 4 Makanan ini Masih Aman Dikonsumsi

PitacilyPitacily
Menjaga kesehatan tubuh nggak cuma dengan berolahraga atau menyantap buah dan sayuran. Teliti dan berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi juga penting. Tapi, teliti dan hati-hati juga perlu wawasan. Karena sebelum kamu membaca artikel ini lebih lanjut, kamu harus tahu terlebih dahulu makna dari tulisan 'Best Before' dan 'Expiration Date' yang biasanya kamu temukan pada kemasan makanan.
Istilah 'Best Before' adalah batas waktu makanan tersebut ada pada kondisi terbaik. Best before itu tentang kualitas dan bukan tentang keamanan. Ketika tanggal best before pada suatu makanan sudah mencapai tanggalnya, makanan tersebut nggak menjadi bahaya ketika dikonsumsi, melainkan menandakan bahwa kualitas rasa dan teksturnya menurun. Nggak sesempurna sebelumnya. Sedangkan 'Expiration Date' adalah batas waktu makanan tersebut aman untuk dikonsumsi. Jika makananmu masih masuk ke dalam 'best before', itu artinya tidak membahayakan tubuh. Tapi, apabila makanan tersebut sudah masuk ke dalam 'expiration date' maka jika dikonsumsi dapat membahayakan tubuh bahkan membuat tubuh keracunan.

Roti

Kadaluarsa - yammiesnoshery.com
Photo Source: yammiesnoshery.com
Roti adalah salah satu makanan yang terbilang masih aman jika kamu mengkonsumsinya setelah sedikit berjamur. Kuncinya adalah, jangan konsumsi bagian roti yang berjamur, sedangkan bagian lain yang bebas jamur masih bisa di makan kok. Kalau kamu tetap merasa kurang srek, kamu bisa mengolah roti tersebut menjadi suatu menu lain yang membutuhkan bahan roti atau panggang saja rotinya.

Keju

Kadaluarsa - www.amazon.com
Photo Source: www.amazon.com
Makanan kedua adalah keju. Keju cheddar misalnya. Makanan ini masih boleh kamu konsumsi setelah lewat dari tanggal best before. Jika kejunya berjamur, kamu tetap bisa kok memakan bagian dalamnya saja dan buang bagian keju yang berjamur. Sama seperti roti, kalau kamu nggak srek untuk memakannya, kamu bisa mengolah keju tersebut menjadi makanan lain.

Biskuit

Kadaluarsa - pinterest
Photo Source: pinterest
Percaya atau nggak, biskuit tetap bisa kamu nikmati bahkan setelah lewat dua bulan dari tanggal best before-nya. Mungkin teksturnya emang akan sangat jauh berbeda. Biasanya akan jadi lembek dan sedikit berair. Kuncinya adalah sebelum kamu makan, panggang dulu sekali lagi ya di oven supaya teksturnya bisa kembali crunchy.

Keripik

Mungkin sensasi kriuknya sudah hilang, tapi, keripik adalah makanan terakhir yang masih bisa kamu konsumsi walaupun sudah lewat dari tanggal best before. Penjelasannya adalah karena camilan keripik sudah melalui proses pemasakan yang tinggi dan mengandung cukup banyak garam. Proses itulah yang menyebabkan keripik jadi lebih aman dan awet untuk dikonsumsi.