Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Wajib Tahu: Ini Makanan yang Dibawa Astronot Saat Ke Luar Angkasa

Iqra RabikaIqra Rabika
Wajib Tahu: Ini Makanan yang Dibawa Astronot Saat Ke Luar Angkasa1
Amusing Planet
Pernah membayangkan makanan apa yang dimakan oleh para astronot saat sedang misi di luar angkasa? Tentunya, makanan yang mereka bawa ke ruang hampa udara sangat berbeda dengan makanan sehari-hari yang kamu makan. Hal ini karena banyak makanan yang susah disajikan jika tidak ada gravitasi. Bahkan, air yang biasanya tumpah ke bawah, ternyata bisa melayang saat di luar angkasa! Wow!  
Wajib Tahu: Ini Makanan yang Dibawa Astronot Saat Ke Luar Angkasa2
Photo Source:  amusingplanet
Agar astronot dapat bertahan hidup selama di luar angkasa, mereka pasti butuh makanan dengan nutrsisi tinggi dan ditempatkan dalam kemasan yang berbeda dengan kemasan makanan di Bumi. Saat di bawa keluar angkasa, semua makanan harus dikemas secara spesial di plastik berbentuk tube seperti pasta gigi.  Karena kemasannya yang spesial ini, tidak banyak makanan yang bisa di bawa ke ruang hampa udara. Paling-paling hanya daging cincang dan saus coklat. Namun semakin berkembangnya teknologi, makanan yang bisa dibawa astronot juga makin beragam. Apa saja ya?

Makanan Cair dan Minuman

Wajib Tahu: Ini Makanan yang Dibawa Astronot Saat Ke Luar Angkasa3
Photo Source:  amusing planet
Makanan berbentuk cairan jadi salah satu makanan wajib yang dibawa keluar angkasa, hal ini karena makanan cair mudah dikemas dalam tube dan bisa diminum dengan cara menyedot dari tutup tubenya. 

Makanan yang Dikeringkan

Wajib Tahu: Ini Makanan yang Dibawa Astronot Saat Ke Luar Angkasa4
Photo Source:  amusing planet
Karena makanan cair rasanya kurang enak, beberapa teknologi mengembangkan makanan untuk di luar angkasa, seperti udang, ayam, dan juga sayuran yang sudah didehidrasi alias dikeringkan dan diberi lapisan gelatin agar mengurangi remah-remah yang jatuh. 

Makanan Kemasan

Wajib Tahu: Ini Makanan yang Dibawa Astronot Saat Ke Luar Angkasa5
Photo Source:  amusing planet
Makanan yang dipanaskan dan dikemas dengan cup plastik dan kaleng juga jadi makanan yang biasa dibawa oleh para astronot saat menjelajah angkasa. Makanan ini biasanya bisa langsung dimakan hanya dengan diberi air agar lebih enak. Contohnya saja, daging instan hingga telur orak-arik dan makaroni instan yang cuma diberi air sesaat sebelum di makan.

Kacang-kacangan

Wajib Tahu: Ini Makanan yang Dibawa Astronot Saat Ke Luar Angkasa6
Photo Source:  pinterest
Kacang-kacangan juga termasuk makanan yang gampang untuk dikemas, dan tidak perlu diproses lebih lanjut sehingga memudahkan untuk dibawa ke luar angkasa. Selain itu, kacang-kacangan juga punya kaya nutrisi yang bagus untuk kesehatan para astronot.

Tortilla

Wajib Tahu: Ini Makanan yang Dibawa Astronot Saat Ke Luar Angkasa7
Photo Source:  NASA
Makanan yang satu ini amat digemari oleh para astronot. Namun karena perjalanan luar angkasa yang cukup lama kadang banyak tortilla yang menjamur, akhirnya diciptakan tortilla khusus untuk dibawa keluar angkasa. Tortilla ini distabilisasi tingkat PH )(keasamannya), jumlah airnya, dan dikemas dengan kemasan tanpa oksigen sehingga tortilla ini tidak mudah berjamur dan basi.