Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Ucapkan Sayonara Pada Drama Potong Bawang!

Karina MarpaungKarina Marpaung
Ucapkan Sayonara Pada Drama Potong Bawang!1
healthyfoodhouse
Sensasi mata pedih tentu pernah kamu rasakan ketika memotong bawang bombay. Hal itu mungkin saja membuatmu kesal dan enggan untuk kembali memotong bawang bombay. Namun, kini terdapat beberapa trik jitu yang bisa kamu lakukan agar mata tetap bersinar terang saat memotong bawang bombay. Yuk, ucapkan sayonara pada drama potong bawang. 

Kunyah permen karet

Ucapkan Sayonara Pada Drama Potong Bawang!2
Photo Source:  velvet_witches
Trik ini mungkin sudah cukup banyak diketahui oleh para "penghuni dapur". Beberapa sumber pernah mencobanya dan melaporkan hasil yang mengesankan – mata hampir sama sekali tidak merasakan sensasi perih ketika memotong bawang merah atau bawang bombay.  

Pakai kacamata renang

Ucapkan Sayonara Pada Drama Potong Bawang!3
Photo Source:  _triarunmum_
Biarpun terkesan konyol, menggunakan kacamata renang mampu mengurangi "drama" saat memotong bawang bombay. Namun, kamu harus siap-siap merasakan ketidaknyamanan akibat mengenakan kacamata renang yang ketat.

Taruh perasan jeruk lemon di atas talenan

Ucapkan Sayonara Pada Drama Potong Bawang!4
Photo Source:  laurejohannesen
Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah menaruh perasan jeruk lemon di atas talenan dan potonglah bawang bombay seperti biasa. Kandungan asam dalam jeruk lemon disinyalir cukup ampuh menetralisir zat penyebab mata pedih yang dikandung bawang bombay.

Dinginkan di freezer selama 15 menit

Ucapkan Sayonara Pada Drama Potong Bawang!5
Photo Source:  webtokri.com
Sebelum memotong, dinginkan bawang bombay di dalam freezer selama 15 menit. Beberapa sumber mengatakan bahwa udara dingin dapat "mematikan" zat kimia penyebab mata pedih yang dikandung oleh bawang.  

Rendam dalam air

Ucapkan Sayonara Pada Drama Potong Bawang!6
Photo Source:  itsallaboutpurple-debbie.blogspot
Potong kedua ujung bawang bombay dan rendam dalam semangkuk air selama beberapa menit. Setelah ditiriskan atau dikeringkan, barulah kamu bisa memulai untuk mencacah bawang bombay. Biarpun tergolong ampuh, sayangnya trik ini membuat kekuatan rasa bawang bombay menjadi sedikit berkurang.

Taruh potongan roti di dalam mulut

Ucapkan Sayonara Pada Drama Potong Bawang!7
Photo Source:  felipetapia_fotografia
Sekalipun konyol, greatist.com mengatakan bahwa cara ini cukup ampuh. Menaruh potongan roti di dalam mulut dengan posisi bibir sedikit terbuka membuat gas yang dikeluarkan oleh bawang sudah lebih dulu "teralih" sebelum mengenai hidung dan mata.