Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Tren Makanan di Semester Kedua 2016

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Tren Makanana di Semster kedua 20161
kalender
Ada perubahan tren yang cukup signifikan pada semester kedua tahun ini. Yang awalnya di dominasi oleh makanan-makanan murah, kini trennya berganti dengan tren makanan dengan topping keju ataupun cafe-cafe yang Instagram-able. Lalu seperti apakah tren makanan di paruh kedua tahun ini?

Bulan Juli, Bulannya Ngopi

Pada semester kedua, coffee shop-lah justru naik ke permukaan. Memang, menjamurnya pertumbuhan kedai kopi di Jakarta sudah ada jauh sebulan bulan Juli tahun ini. Akan tetapi, beberapa kedai kopi, baik yang baru ataupun yang sudah agak lama, yang reputasinya menanjak di bulan-bulan ini. Terlebih dengan hadirnya Lucky Cat, coffee shop yang menawarkan konsep desain interior yang tidak biasa.    
Tren Makanana di Semster kedua 20162
Photo Source:  lucky cat
Bersamaan dengan menanjaknya popularitas Lucky Cat, orang juga berlomba-lomba untuk mencari restoran ataupun cafe dengan desain interior yang cukup unik. Selain itu, pencariaan tempat-tempat unik ini juga didorong oleh keinginan orang untuk mencari bahan "upload-an" di Instagram mereka. Maka jadilah, bulan Juli tahun ini sebagai bulannya kopi dan juga cafe-cafe unik.

Kembalinya Martabak di Bulan Agustus

Tren Makanana di Semster kedua 20163View All Photos
Photo Source:  Martabak Yuk
Entah kenapa martabak kembali naik daun. Mungkin hal ini disebabkan karena ada inovasi yang cukup masif dari para penjaja martabak di Jakarta. Ada martabak asin yang isiannya dengan indomie, ada juga yang menggunakan salmon mentai.

Flip Burger yang Menggemparkan di Bulan September

Ya, Flip Burger adalah salah satu makanan yang paling menggemparkan tahun ini.
Tren Makanana di Semster kedua 20164
Photo Source:  @gagaldiett
Sebenarnya, makanan yang menggunakan wagyu sebagai patty-nya ini sudah ada sejak pertengahan Agustus lalu. Akan tetapi, Flip Burger baru benar-benar jadi buah bibir pada bulan September. Terlebih lagi, mereka ternyata tak hanya punya burger enak. Tapi juga punya kulita ayam goreng yang begitu lezat. Ya, kulit ayam goreng! Ya, mereka punya makanan yang sering menjadi rebutan para pecinta ayam goreng. Kelebihan itulah yang kemudian membuat bulan September lalu Flip Burger begitu mengharu biru.

Restoran yang Baru (Datang) di Oktober

Tren Makanana di Semster kedua 20165View All Photos
Photo Source:  Pablo
Setelah pada bulan sebelumnya digemparkan dengan adanya inovasi makanan baru, pada bulan Oktober, dunia perkulineran digemparkan dengan datangnya restoran-restoran luar negeri ke Jakarta. Hal ini ditandai dengan mulai dibukanya Pablo, Hello Kitty Cafe, Tim Ho Wan, dan juga Grom. Praktis, dengan datangnya restoran-restoran tersebut, semakin membuat pilihan kita dalam menentukan tempat makan ataupun tempat nongkrong semakin bervariatif.  

November: Dominasi Keju dan Kemunculan Raclette

Di Trimester terakhir tahun ini, keju memang tetap mendominasi. Terlebih dengan kemunculan raclette.
Tren Makanana di Semster kedua 20166View All Photos
Photo Source:  Chamber Food and Spirits
Sebenarnya, raclette ini bukanlah hal baru dalam dunia kuliner. Karena keju meleleh yang dikerik dengan pisau ini sudah menjadi tradisi di Swiss sana. Namun, bagi Indonesia, yang notabene bukan negara konsumen ataupun produsen keju, tentu hal ini menjadi hal baru yang sangat menarik untuk dicoba. Praktis, presentasi yang menarik dari raclette inilah yang kemudian membuat orang ramai-ramai ingin mencoba rasa dan juga sensasi mengerik keju yang kemudian dijadikan topping.

Ah, Mungkin Masih Keju di Bulan Desember

Tren Makanana di Semster kedua 20167View All Photos
Photo Source:  Ojju
Mengingat makanan-makanan dengan topping keju yang sedang naik daun belakangan ini. Dan juga ketenaran raclette, bisa dipastikan, tren kuliner di akhir tahun 2016, masih akan didominasi oleh makanan-makanan yang mengandalkan bahan dasar keju. Namun, ketenaran keju tersebut bisa juga tertutupi oleh restoran-restoran keluarga yang punya harga miring ataupun restoran-restoran yang punya pemandangan indah, mengingat akhir tahun dan juga Natal akan datang sebentar lagi.