Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Ternyata Tidak Semua Restoran Padang Itu Autentik, Ini Cara Membedakannya!

Chandra WijayaChandra Wijaya
Trik Kenali Restoran Padang dengan Cita Rasa Autentik 1
wikimedia
Saat datang ke restoran Padang, biasanya kita langsung membayangkan varian menu khas Minang yang super enak dan porsi super besar saat dibungkus. Tapi sebagian dari kamu barangkali masih belum tahu bagaimana membedakan keotentikan menu di restoran Padang. Karena pastinya, restoran Padang yang mengolah masakannya dengan resep asli khas Minang pasti punya rasa yang jauh lebih enak dibanding restoran lain yang hanya a la kadarnya mengolah masakan Padang. Penasaran? Yuk simak ulasan ini!

Menggunakan Teh Hitam

2
Photo Source:  jadiberita
Mari kita mulai dulu dengan minumannya. Tidak perlu jauh meneliti, kamu hanya bisa melihat keaslian restoran Padang saat memesan menu es teh manis. Teh yang biasa disajikan di rumah makan Padang yang asli adalah varian teh hitam yang pahit dan tak asam, karena teh ini memang standar es teh manis yang biasa disajikan di Padang sana. 

Bahasa Minang

3
Photo Source:  cipikastoreid
Tentu saja, restoran Padang yang autentik biasanya memiliki karyawan yang berasal dari Padang pula, sehingga saat kamu datang ke tempat ini, kamu akan menemukan mulai dari juru masak hingga pelayan yang berinteraksi menggunakan bahasa Minang. Tidak mungkin, kan, juru masak asli Minang, tapi masih mengolah masakan dengan hasil adaptasi?

Kuah Gulai yang Kental

4
Photo Source:  ciliberapi.blogspot.com
Mulai dengan menelisik ke makanannya. Saat kamu ke sini, cobalah untuk melihat kuah gulai yang disajikan, kamu pasti pernah melihat pedagang yang sedang menuang kuah super kental dari gulai-nya? Itulah yang asli! Penggunaan bahan masakan yang kaya akan bumbu dan santan hingga menghasilkan kuah yang kental menjadi standar khusus warga Minang untuk menyajikan gulai. Pantas saja, rasanya super enak saat menyeruput kuah yang asli ini!

Lihat Juga Jeroan-nya

5
Photo Source:  hipwee
Kamu pecinta jeroan? Saat kamu merasa makanan ini wajib ada di atas mejamu, tak ada salahnya menelisik dulu apakah jeroannya gurih dan empuk? Kalau iya, itulah restoran Padang yang autentik. Cita rasa gurih, empuk, dan tidak amis tersebut berasal dari teknik memasak turun temurun leluhur yang identik dengan daging-dagingan yang empuk dan bersahabat ketika dikunyah. 

Cara Penyajian Rendang

6
Photo Source:  wisata kuliner kita
Mari beri sambutan pada primadona masakan Padang. Yup, apa lagi kalau bukan rendang! Tentunya saat kamu ingin mengetahui apakah otentik atau tidak sebuah restoran Padang, lihat saja pada penyajian rendangnya. Orang Padang tidak akan menyajikan rendang dengan rasa yang manis ataupun agak berkuah, melainkan seharusnya agak pedas dan beraroma, karena masyarakat Minang jarang pakai gula dalam proses memasaknya.

Manatiang Piriang

7
Photo Source:  wikimedia
Satu lagi, coba kamu lihat dari cara pramusaji mengantarkan makanan ke meja. Meskipun tidak semua restoran asli Padang juga menghadirkan teknik penyajian super rumit ini, tapi kalau kamu menemukan ada pelayannya yang mengangkut nasi dengan teknik Manatiang Piriang, kamu bisa lebih yakin lagi dengan keautentikannya.