Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Ternyata, Menu Sarapan Ini Punya Efek Kurang Baik

Iqra RabikaIqra Rabika
Ternyata, Menu Sarapan InI Punya Efek Kurang Baik 1
Eagerbrain
Walaupun sudah sering disebut bahwa sarapan itu sangat penting, tapi tidak semua makanan itu bagus untuk dijadikan sarapan. Yang perlu diingat, tujuan sarapan bukan hanya untuk membuat tubuh menjadi langsing saja, tapi juga sebagai sumber energi untuk memulai hari. Makanya ada beberapa makanan yang sering dijadikan menu sarapan namun ternyata kurang baik untuk tubuh, apa saja ya? Yuk baca, biar kamu tahu makanan apa yang kurang baik untuk tubuh kamu!

Jus

Ternyata, Menu Sarapan InI Punya Efek Kurang Baik 2
Photo Source:  South Davis Pediatric Dentistry
Banyak yang beranggapan, jus adalah santapan praktis dan dianggap sehat untuk sarapan karena bahan dasar utamanya terbuat dari buah-buah. Tapi kamu juga mesti tahu kalau jus dalam kemasan yang banyak dijual di pasaran itu punya kalori dan kandungan gula tinggi, juga ada zat pengawet dan pewarnanya. Nah, bagaimana kalau jus yang kamu buat sendiri? Bisa jadi juga kurang sehat kalau kamu memilih buah dan sayur yang tinggi kadar gulanya dan minim serat, juga menambahkan banyak gula atau susu kental manis. Alangkah baiknya kalau kamu mengonsumsi jus buah rendah gula dipadukan dengan makanan berprotein sebagai menu sarapan. Atau lebih baik lagi kalau menyantap buah utuh karena lebih tinggi serat. 

Waffle, Pancake, Bagel, Muffin

Ternyata, Menu Sarapan InI Punya Efek Kurang Baik 3
Photo Source:  Maple Spice
Empat makanan ini memang sudah umum menjadi menu sarapan, namun asal kamu tahu, makanan ini mengandung tepung olahan yang tidak punya cukup serat dan protein yang dibutuhkan tubuhmu di pagi hari. Makanya, lebih baik kalau tetap ingin mendapatkan karbohidrat yang sehat, kamu bisa membuat sendiri waffle atau bagel kamu menggunakan gandum utuh.

Sandwich Telur

Ternyata, Menu Sarapan InI Punya Efek Kurang Baik 4
Photo Source:  www.foodandwine.com
Sandwich telur juga sering dijadikan menu sarapan oleh banyak orang, karena dianggap lengkap kadar nutrisinya. Sandwich dengan telur dan daging ini memiliki 300 sampai 400 kalori, namun kualitas karbohidrat dan proteinnya masih kurang untuk menunjang kegiatan kamu seharian. Agar energi kamu cukup, tambahkan satu butir telur lagi dan gunakan roti yang terbuat dari gandum utuh, ya!

Kopi Blended

Ternyata, Menu Sarapan InI Punya Efek Kurang Baik 5
Photo Source:  SistaCafe
Agar mata langsung melek di pagi hari, biasanya kopi jadi solusi yang paling jitu. Namun sebaiknya, kamu jangan pilih kopi blended sebagai minuman di pagi hari karena jenis kopi ini mengandung lebih banyak gula dibandingkan satu mangkuk Froot Loops (sereal warna-warni dengan perisa buah), di mana akan membuat kamu menjadi cepat lapar bahkan sebelum waktunya makan siang. Kalau mau, kamu bisa pilih cappucino atau latte ukuran kecil dan jangan menggunakan whipped cream.

Sereal Tinggi Serat

Ternyata, Menu Sarapan InI Punya Efek Kurang Baik 6
Photo Source:  Taste For Life
Kamu pasti sering kan melihat iklan sereal yang mengklaim bahwa sereal itu terbuat dari gandum utuh? Jangan percaya begitu saja, dan langsung menjadikan sereal itu sarapan kamu. Karena, tulisan gandum utuh di sereal bisa saja justru membuat sereal tersebut mengandung banyak gula, sodium, dan tentu saja lebih banyak menngandung kalori. Periksa dulu komposisi sebelum kamu membeli ya, atau beli saja oats yang tidak ada rasa dan tambahkan buah-buahan sebagai perasa alami.

Greek Yoghurt

Ternyata, Menu Sarapan InI Punya Efek Kurang Baik 7
Photo Source:  Pleasant Kitchen
Sebenarnya greek yoghurt merupakan makanan yang cukup baik untuk di jadikan sarapan. Namun, banyak greek yogurt yang dijual dipasaran ditambahkan perasa artificial yang membuatnya menjadi makanan yang tinggi kalori, dan mengurangi nilai gizi. Jadi, selalu perhatikan komposisi sebelum membeli!