Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Ternyata, Ada Miliaran Ton Makanan di Dunia Terbuang Sia-sia, Lho!

Chandra WijayaChandra Wijaya
Ternyata, Ada Miliaran Ton Makanan di Dunia Terbuang Sia-sia, Lho! - Main Photo
Ternyata, Ada Miliaran Ton Makanan di Dunia Terbuang Sia-sia, Lho!
Kalau lagi lapar mata, apa saja tampaknya bisa dimakan. Itu sebabnya juga banyak orang yang memilih datang ke restoran all you can eat biar memuaskan selera. Tapi namanya kalap mata, kadang bisa juga bikin perut begah karena nggak sanggup menampung makanan. Ujung-ujungnya, yang terlintas pertama kali adalah membuangnya. Tapi tahukah kamu, banyak faktor lain yang membuat makanan terbuang sia-sia, bukan karena kebiasaan kita saja. Yuk, baca ulasan ini agar mulai tergerak untuk menghargai makanan!
Penelitian dari badan FAO (Food Agriculture Organization of The United Nations) berhasil mengungkapkan bahwa terdapat 1,3 miliar ton makanan yang terbuang setiap tahunnya secara sia-sia. Bayangkan, kerugiannya bisa mencapai 78 persen atau Rp 840 juta. Dari penelitian itu diketahui kalau di negara berkembang, banyak makanan terbuang karena sistem penyimpanan dan transportasi yang kurang baik. Sementara di negara maju, ternyata banyak makanan sisa yang dibuang begitu saja. Sayang sekali, ya! 
Hal lain yang membuat bahan makanan terbuang sia-sia juga berasal dari ladang pertanian. Sekitar 30% sayuran di Inggris nggak dipanen, bahkan dibiarkan membusuk jika kondisinya tidak sesuai standar. Yang terparah adalah semua makanan itu masuk ke dalam tong sampah, tanpa diolah atau recycle kembali. 
Food Waste - localfoodalliance.org
Photo Source: localfoodalliance.org
Ada juga penelitian lain dari lembaga di Inggris mengatakan kalau sebab-sebab lain yang membuat makanan terbuang adalah cara penyimpanan yang buruk, telalu patuh dengan tanggal kadaluwarsa, produk yang ditawarkan dalam jumlah berlebihan, serta akibat para konsumen yang menuntut kesempurnaan fisik. 
Food Waste -
Photo Source: 
Setelah kamu tahu apa saja penyebab makanan terbuang, coba sekarang lihat jenis bahan apa saja yang biasa dibuang begitu saja. Riset membuktikan kalau ada 20%  susu yang terbuang, daging 20%, kacang-kacangan 20%, sereal 30%, makanan laut 35%, umbi-umbian 45%, dan sayuran 45%. Yup, bisa dilihat, sayuran punya persentase paling tinggi, kan!
Sayuran - sharp-indonesia
Photo Source: sharp-indonesia
Mulai sekarang, jangan lagi buang-buang makanan, ya! Tahu sendiri kalau angka kelaparan di dunia juga masih tinggi. So, buat yang doyan salad, steak, dan menu-menu lainnya, mending pesan dengan porsi yang sesuai kapasitas perut ya!