Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Susah BAB Saat Puasa? Begini Cara Ampuh Untuk Mengatasinya

Qraved ContributorQraved Contributor
Susah BAB Saat Puasa? Begini Cara Ampuh Untuk Mengatasinya1
@yasminadotcom
Susah BAB saat puasa? Pasti bakal bikin kamu nggak nyaman. Tapi, jangan buru-buru membeli obat dan membatalkan puasa ya. Ada cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sembeli saat berpuasa. Tentunya dengan berbagai cara pencegahan agar sembelit nggak menyerangmu. Berikut tipsnya.  

Kurangi Konsumsi Kafein Saat Sahur dan Berbuka

Bakerzin Susah BAB Saat Puasa? Begini Cara Ampuh Untuk Mengatasinya2
Photo Source:  @yasminadotcom
Buat kamu yang hobi minum teh dan kopi, ada baiknya kalau kebiasaanmu yang satu ini dihentikan sementara selama bulan puasa. Selain meengandug kafein yang bersifat diuretik, menyerap cairan tubuh, kopi dan teh juga mengandung tanin yang dapat berpotensi memperburuk sembelit. 

Sempatkan untuk Berolahraga

Bakerzin Susah BAB Saat Puasa? Begini Cara Ampuh Untuk Mengatasinya3
Photo Source:  @mlfitnessml
Berpuasa seharusnya nggak menjadi halangan buat melakukan aktivitas olahraga. Kalau kamu nggak olahraga, maka metabolisme dalam tubuhmu akan menurun yang mana dapat menimbulkan sakit sembelit. Maka dari itu, sempatkanlah untuk tetap berolahraga. Lakukan gerakan-gerakan ringan menjelang buka puasa. Atau bisa juga dengan berjalan kaki dan dan naik turun tangga untuk memperlancar proses metabolisme tubuh.

Konsumsi Pudding Saat Berbuka

Bakerzin Susah BAB Saat Puasa? Begini Cara Ampuh Untuk Mengatasinya4View All Photos
Photo Source:  Bakerzin
Konsumsi puding atau agar-agar saat berbuka puasa. Puding dan agar-agar merupakan sumber makanan berserat yang baik bagi tubuh sehingga membuat pencernaan akan menjadi normal. Makanan ini bisa menjadi makanan pengganti jika kamu kurang suka sayur-sayuran.

Selingi dengan Minuman Probiotik

Susah BAB Saat Puasa? Begini Cara Ampuh Untuk Mengatasinya5
Photo Source:  @goldpingping
Selingi dengan minuman probiotik di saat sahur dan buka puasa. Minuman probiotik seperti yogurt dapat mencegah sembelit yang disebabkan makanan rendah kalori. Bakteri yang ada dalam minuman probiotik akan menjaga ususmu tetap sehat dan mengurangi racun serta bakteri yang ada dalam pencernaanmu.

Jika Dibutuhkan, Konsumsi Obat Pencahar

Susah BAB Saat Puasa? Begini Cara Ampuh Untuk Mengatasinya6
Photo Source:  @theaphroditeproject
Kalau memang dibutuhkan, kamu bisa mengonsumsi obat pencahar. Eits tapi dosisnya harus tepat ya. Jangan dikonsumsi terus menerus dalam jangka waktu yang panjang. Gimana? Nggak susah kan untuk mengatasi sembelit saat berpuasa. Kamu hanya butuh untuk mengonsumsi makanan yang tepat dan sehat bagi tubuh.

Banyak Minum Air Putih

Susah BAB Saat Puasa? Begini Cara Ampuh Untuk Mengatasinya7
Photo Source:  @linaongk
Minum banyak air putih adalah cara ampuh untuk menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Salah satunya adalah untuk mengatasi sembelit. Cukupnya konsumsi air saat sahur ataupun berbuka akan membuat usus tetap berkontraksi selama kamu berpuasa sehingga sembelit nggak akan menyerangmu.