Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Simbol dan Label Makanan Yang Perlu Kamu Tahu!

Iqra RabikaIqra Rabika
Simbol dan Label Makanan Yang Perlu Kamu Tahu!1
Simbol dan Label Makanan Yang Perlu Kamu Tahu!
Setiap simbol yang kamu jumpai sehari-hari tentu mengandung arti. Mulai dari simbol rambu lalu-lintas sampai ikon simbol di dekstop di komputermu pun punya makna yang mesti kamu pahami. Begitu juga halnya dengan simbol di kemasan makanan kamu. Penasaran apa saja simbol makanan yang harus kamu ketahui? Yuk, di baca terus artikel dari Qraved ini! 

Simbol Halal

Kenalan Yuk Sama Simbol di Makananmu!2
Photo Source:  Hai Hanitis
Simbol ini menunjukkan status kehalalan sebuah makanan dengan standarisasi yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Makanan yang sudah memiliki simbol ini pastinya sudah melewati uji halal yang dilakukan oleh LPPOM MUI dan menandakan bahwa makanan ini aman untuk dikonsumsi umat Muslim.

Simbol Keamanan Plastik

Kenalan Yuk Sama Simbol di Makananmu!3
Photo Source:  Anis Blog - WordPress.com
Kalau kamu sering mengonsumsi minuman dengan kemasan dari botol plastik ataupun kemasan plastik, kamu pasti sering menemukan simbol seperti di atas. Simbol ini menjadi penanda seberapa aman plastik yang digunakan, material dari plastik, dan seberapa mudah kemasan tersebut dapatdidaur ulang. Biar kamu tidak bingung, Qraved kasih beberapa informasi penting. Plastik dengan logo yang berkode angka 1 berbahan PET (polyethylene terephthalate), angka 2 berbahan HDPE (high density polyethylene), angka 3 berbahan PVC (polyvinyl chloride), angka 4 berbahan LDPE (low density polyethylene), angka 5 berbahan PP (polypropylene), angka 6 berbahan PS (polystyrene) dan angka 7 berbahan SAN styrene acrylonitrile, ABS-acrylonitrile butadiene styrene, PC-polycarbonate, dan Nylon.
Sementara untuk kode daur ulang 1 dan 2 menunjukkan aman untuk pemakaian satu kali sehingga direkomendasikan hanya digunakan untuk satu kali pemakaian. Kode 4 dan 5; relatif sangat aman dan kode 5 merupakan pilihan terbaik untuk bahan plastik terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi. Namun berhati-hatilah saat menemukan kemasan plastik dengan kode 3 dan 6, karena tergolong plastik yang dapat membahayakan kesehatan dan direkomendasikan untuk dihindari. Selain itu, plastik berkode angka 3 juga terbuat dari bahan yang paling sulit didaur ulang. Sementara kode 7; yang berbahan PC dianjurkan untuk tidak digunakan sedangkan yang berbahan SAN dan ABS relatif aman.

Simbol Kelayakan Makanan

Kenalan Yuk Sama Simbol di Makananmu!4
Photo Source: 
Setiap produk makanan yang aman dan layak di konsumsi di Tanah Air harus melewati pemeriksaan BPOM terlebih dahulu agar terbukti aman untuk dikonsumsi. Untuk memastikan kalau produk yang akan kamu santap teruji aman dan melewati standar kelayakan suatu proses makanan,  kamu bisa mengeceknya dari kode dari BPOM yang tertera di kemasan.

Label Komposisi Bahan

Kenalan Yuk Sama Simbol di Makananmu!5
Photo Source:  1health.id
Selain simbol untuk kelayakan makanan, di kemasan makanan juga biasanya ditemukan label informasi yang menyebutkan komposisi bahan apa saja dan berapa jumlah kalori dari sebungkus makanan. Dari sini kamu akan tahu berapa jumlah gizi dan juga kalori yang dari dalam satu bungkus makanan tersebut.

Informasi Kadaluarsa

Kenalan Yuk Sama Simbol di Makananmu!6
Photo Source:  Ramesia Mesin Indonesia
Satu lagi informasi dan tanda yang juga sangat penting untuk diperhatikan: info masa kadaluarsa. Ini karena informasi tersebut membuat kamu tahu apakah makanan tersebut masih baik untuk dikonsumsi atau tidak.