Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Selain Mie Instan, Makanan Ini Juga Wajib Dibawa Pendaki Gunung

Chandra WijayaChandra Wijaya
Jangan Cuma Mie Instan, Makanan Ini Juga Wajib untuk Kamu Pendaki Gunung1
taysbakers
Saat naik gunung, tidak semua makanan enak bisa kamu santap saat berada di medan tersebut. Tak mungkin, kan, kamu makan nasi Padang atau kepiting saus Padang? Namun yang pasti, pastikan kamu tetap berselara makan melakukan penjelajahan gunung agar staminamu bisa tetap terjaga. Di bawah ini, Qraved sudah merunut makanan yang apa harus kamu bawa untuk menemanimu mencapai puncak pendakian. 

Cokelat

2
Photo Source:  taysbakers
Menu pertama yang kudu masuk tas ranselmu adalah cokelat. Makanan ini memang andalan terbaik para pendaki gunung. Selain rasanya yang bersahabat di lidah, cokelat juga dapat memulihkan energi saat kita sudah teramat lelah. Tidak cuma itu, cokelat juga mengandung zat yang dapat merelakskan pikiran sehingga orang yang mengonsumsinya menjadi lebih bahagia. Mungkin itu sebabnya kenapa cokelat rasanya jadi 10 kali lebih nikmat saat dimakan dalam momen naik gunung.  

Oatmeal

3
Photo Source:  Eat This, Not That
Biasanya para pendaki selalu mengandalkan mie instan untuk mengganjal rasa lapar karena penyajiannya yang mudah dan efektif. Namun sebenarnya mie instan memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh saat sedang melakukan pendakian, yaitu dapat membuat perut jadi cepat lapar kembali serta tidak memberikan energi sama sekali pula. Nah oleh karena itu, untuk mengganti mie, cobalah dengan oatmeal. Selain praktis dibuat, oatmeal juga kaya gizi dan memberi asupan energi cukup saat kamu menjelajah rimba belantara pegunungan. Wajib dicoba nih!

Sosis dan Kentang Goreng

4
Photo Source:  poskotanews
Kemudian, daripada membawa atau mengonsumsi telur, lebih baik diganti dengan sosis atau kentang goreng. Pasalnya sosis dinilai lebih praktis dan ringan ketimbang telur yang lebih memakan tempat, ringkih pula mudah pecah. Sedangkan kentang goreng, makanan ini cocok untuk mengganti nasi.

Tahu dan Tempe

5
Photo Source:  gilangseptian
Intinya, makanan merakyatlah yang biasa dijadikan sajian untuk mengisi perut para pendaki gunung. Kali ini adalah tahu dan tempe yang mudah dibawa dan juga penuh nutrisi. Cara penyajiannya pun mudah, yaitu tinggal digoreng atau direbus, entah dengan bumbu ataupun polos. Tapi hati-hati, tahu dan tempe sebenarnya tidak bisa terlalu lama disimpan. jadi mesti buru-buru disantap. 

Wedang

6
Photo Source:  kulineryogyakartaenak
Banyak juga para pendaki yang sering bawa bir saat naik gunung, mungkin tujuannya menghangatkan diri sekaligus bersantai saat tiba di puncak. Tapi sebagai alternatif penghangat tubuh lainnya, kamu juga bisa minum wedang jahe saja. Jelas, selain rasanya lebih hangat, kamu juga tidak perlu tersesat karena sedikit mabuk seperti kebanyakan orang. 

Roti

7
Photo Source:  ratnamanikpratiwi
Ini dia salah satu item makanan yang tak boleh terlewatkan. Jangan lupa juga dengan selainya. Disarankan, selainya menggunakan selai kacang karena mengandung protein yang bisa menjaga otot tetap kuat.