Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Sehari di Little India Pasar Baru: Makan Enak Sampai Puas

yugo prabowoyugo prabowo
Sehari di Little India Pasar Baru: Makan Enak Sampai Puas1
Sehari di Little India Pasar Baru: Makan Enak Sampai Puas
Matahari sedang terik-teriknya saat tim Qraved sampai di Pasar Baru, Jakarta Pusat. Tempat yang dulu dikenal dengan sebutan Passer Baroe ini menyimpan sejarah panjang sebagai kawasan perdagangan yang sudah ada sejak tahun 1820. Masuknya para pedagang dari India pun memberi warna tersendiri. Bukan hanya sebatas dari hal bisnis, tapi juga sentuhan kulinernya. 
Itu juga yang Qraved temukan saat menelusuri area yang menyerupai Little India. Berlokasi di lantai empat Gedung Wijaya Music, kami menemukan kejutan rasa India yang nggak biasa dari restoran India yang bernama Gokul Resto. Jujur saja awalnya kami agak bingung, bahkan sempat berpikir salah masuk tempat karena di sekitarnya diisi kios-kios alat musik. Tapi setelah melewati elevator dan sampai di lantai empat, kebingungan kami terjawab.
2
Photo Source:  Gokul Vegetarian
Setelah melihat menu, kami pun memesan hidangan ayam dan domba yang terbuat dari kedelai dan diolah dengan bumbu India. Soal rasa, semua menu daging di sini punya tekstur dan rasa yang sangat mirip dengan daging asli. Jadi buat kamu yang nggak vegetarian juga bisa menikmatinya dengan lahap. Bahkan sampai lupa kalau kamu lagi makan di restoran vegetarian.  
3
Photo Source:  Gokul Vegetarian
Tidak hanya olahan daging imitasinya, kamu juga mesti coba varian nasi briyani, seperti Paneer Tika Briyani yang dibanderol cuma Rp 48 ribu. Sensasi pedasnya menyatu dengan paneer yang rasanya mirip dengan tahu yang terbuat dari keju, dan sentuhan bumbu rempah yang begitu terasa di lidah. Ditemani dengan alunan lagu-lagu India, serasa membawa benar-benar makan di Negeri Taj Mahal.   
Jangan lupa juga untuk mencoba Lassi, minuman yang diracik dari yogurt. Ada beberapa varian lassi yang mereka sajikan, mulai dari plain lassi (biasanya ditambah gula atau garam) dengan harga Rp 20 ribu atau lassi dengan campuran buah seperti Mango Lassi atau Strawberry Lassi yang harganya beda tipis ( Rp 24 – Rp 25 ribu). Selain menu itu, kamu pun bisa mencicipi camilan khas India, seperti Samosa, Plain Papad, Pizza Paratha hingga olahan sandwich dan burger yang diracik dengan rempah khas India. 
4
Photo Source:  Gokul Vegetarian
Nggak kalah unik, cobain juga es cendol khas India yang bernama Falooda. Minuman ini terbuat dari campuran susu, sirup bunga mawar, biji basil, bihun kecil dan ice cream di atasnya. Kebayang kan rasanya gimana? Segar dan enak banget.  
5
Photo Source:  Gokul Vegetarian
Tapi buat kamu yang suka minuman hangat, kamu bisa coba Masal Chai atau yang biasa dikenal orang dengan sebutan Indian Milk Tea yang diolah dengan campuran rempah. 
6
Photo Source:  Gokul Vegetarian
7
Photo Source:  Gokul Vegetarian
Bukan cuma makanan, Gokul Resto juga menawarkan kelas khusus bagi kamu yang suka meditasi. Tempat meditasi ini berada di lantai 3 Wijaya Music dan terbuka untuk umum plus gratis yang diadakan setiap akhir pekan.    
Puas menikmati makanan di Gokul Resto, kami pun penasaran untuk melihat lebih jauh apa saja yang tersembunyi di Little India. Di antara Pasar Baru dan Jalan Antara, ternyata ada sebuah klinik pengobatan tradisional India bernama Taj Mahal. Semua obat yang dijual katanya merupakan ramuan alami India. 
Selain pusat pengobatan, kamu juga bisa menemukan sebuah mini market India yang bernama Mini Market Shalimar. Mini market ini menjual berbagai jenis bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari seperti beras basmati, tepung gandum & rempah-rempah yang dibutuhkan oleh warga keturunan India di Jakarta. Kamu juga bisa membeli pernak-pernik khas India seperti gelang dan aksesoris lainnya. 
8
Photo Source:  www.nyoozee.com
Puas berjalan-jalan kamu bisa kembali menyantap makanan khas India di Waytuki Vegetarian Restaurant. Restoran yang buka pada pukul 10 pagi hingga jam 9 malam ini juga dimiliki oleh seorang keturunan India. Semua makanan di sini bisa dibilang lebih murah jika dibandingkan dengan restoran India lain di Jakarta. 
Sama halnya dengan Gokul, Waytuki juga menjual berbagai makanan khas India yang menggunakan daging berbahan dasar kedelai. Di sini kamu bisa mendapatkan makanan vegetarian dengan harga paket Rp 20 ribu saja. Namun buat kamu yang suka makan tengah bisa pesan menu bersama yang porsinya lumayan besar untuk dua orang.
9
Photo Source:  Waytuki Vegetarian
Beberapa menu favorit bisa kamu pesan di sini seperti Chicken Curry, Panner Makanvala, dan Chicken Briyani. Tekstur daging Chicken Curry ala Waytuki sangat lembut dan semua bumbu meresap dengan sempurna.
Buat yang nggak terlalu suka aroma kambing, pilihan Chicken atau Mutton Briyani Vegetarian bisa jadi solusi. Yang pasti, cita rasa dan aroma dagingnya mendekati daging asli, lho! 
10
Photo Source:  Waytuki Vegetarian
11
Photo Source:  Waytuki Vegetarian
Sebagai menu terakhir yang kami coba, ada Panner Makanvala yang dalam bahasa India “makhan” berarti butter. Jadi Makanvala berarti sajian yang berasal dari butter. Buat kamu yang suka keju pasti akan suka makanan ini. Kelembutan panner-nya pun benar-benar terasa saat digigit dimulut. 
Nah, buat yang belum mengeksplor Little India di Pasar Baru, buruan jadwalkan wisata kuliner seru bareng keluarga atau teman minggu ini.