Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Salah Kaprah Memperlakukan Makanan

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Salah Kaprah Memperlakukan Makanan1
selerasa.com
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang punya tampilan benar-benar besar, salah kaprah diartikan sebagai kesalahan umum yang kemudian dianggap wajar. Praktiknya, salah kaprah, sering terjadi tanpa kita sadari. Pun begitu dengan cara kita memperlakukan makanan, seperti memanaskan nasi ataupun memanaskan telur rebus.  Lalu, memangnya apa salahnya dengan memanaskan nasi? Atau apa saja salah kaprah perlakuan pada makanan lainnya yang jarang kita sadari? Berikut daftarnya.

1. Memanaskan Nasi

Salah Kaprah Memperlakukan Makanan2
Photo Source:  Selerasa.com
Banyak dari kita yang sering melakukan hal ini, menaskan nasi yang sebelumnya sudah masak. Alasannya klasik: karena sayang kalau nasi tersebut dibuang. Hal yang semacam itu padahal adalah suatu kesalahan besar. Karena, dengan memanaskan nasi yang sudah masak akan menumbuhkan spora pada nasi tersebut. Yang artinya akan menjadi bahaya kalau kita makan.

2. Telur Rebus yang Dipanaskan Ulang

Salah Kaprah Memperlakukan Makanan3
Photo Source:  Keyword Suggestions
Pun begitu dengan telur rebus yang sudah matang. Telur rebus, apalagi yang masih ada kuning telurnya, sebaiknya memang tak perlu dipanaskan ulang. Hal ini dikarenakan, kuning telur yang ada akan menyebabkan munculnya kandungan racun dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

3. Sayur Bayam

Salah Kaprah Memperlakukan Makanan4
Photo Source:  Intisari Online
Sayur bayam (sisa) sebaiknya jangan dipanaskan. Pasalnya, sayur bayam yang sudah jadi, jika dipanaskan ulang, akan mengubah kandungan nitrat yang ada dalam bayam menjadi zat karsinogen yang dapat memicu kanker.

4. Kentang

Salah Kaprah Memperlakukan Makanan5
Photo Source:  SolusiSehatku.com
Kentang, jika diolah dengan baik dan benar, akan menyehatkan. Tapi, kalau kita salah mengolah, apalagi memanaskan ulang, kentang bisa jadi makanan yang berbahaya. Hal ini disebakan karena kentang punya kandungan bakteri langka yang akan berkembang biak saat kentang dipanaskan ulang. Menurut penelitian para ahli nutrisi Swedia, cara terbaik mengolah kentang adalah dengan memasukkan kentang dalam microwave tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu.

5. Ayam

Salah Kaprah Memperlakukan Makanan6
Photo Source:  Okeresep.com
Mungkin, ayam adalah salah satu makanan yang sering dipanaskan ulang sebelum dimakan. Sama dengan makanan-makanan di atas lainnya, ayam juga akan jadi tidak sehat ketika dipanaskan ulang. Karena, proses pemanasan ulang akan mendenaturasi protein yang ada pada ayam. Sehingga, kemampuan protein dalam mengikat air akan menurun. Penurunan tersebutlah yang kemudian akan menyebabkan ganguan saluran pencernaan.

6. Gorengan

Salah Kaprah Memperlakukan Makanan7
Photo Source:  wartakota.tribunnews.com
Gorengan juga merupakan salah satu makanan yang lazim dipanaskan ulang. Padahal, dengan memanaskan ulang gorengan, maka akan menjadikan kandungan lemaknya semakin tinggi. Jadi, ada baiknya kamu lebih selektif dalam membeli gorengan.