Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Saatnya Berkenalan dengan Makanan Khas Papua!

Chandra WijayaChandra Wijaya
Makanan Papua 1
@yinni.kaixin
Selama ini sudah banyak makanan khas daerah yang sudah biasa kita santap. Sebut saja Sate Padang, Bakso Malang, Soto Betawi, atau masih banyak lagi. Tapi sudahkah kamu berkenalan dengan makanan khas Papua? Selain menambah pengetahuan, mengenal menu daerah ini juga bisa menambah pengalaman kulinermu. Langsung saja intip ulasan Qraved kali ini! 

Papeda

2
Photo Source:  @yinni.kaixin
Mari kita mulai dengan menu yang paling tersohor. Papeda sudah menjadi makanan yang digemari banyak orang, tidak hanya masyarakat Papua saja. Pembuatannya berasal dari olahan tepung sagu yang kemudian bertekstur seperti bubur yang kenyal. Warnanya pun putih transparan, rasanya tawar, setelah itu dinikmati bersama ikan tongkol yang dibumbui dengan kunyit. Perpaduan yang sempurna! Lalu tahukah kamu, kandungannya juga baik untuk kesehatan, seperti kaya akan serat, bernutrisi tinggi, dan rendah kolesterol. Sungguh aman untuk dikonsumsi, mengingat kolesterol menjadi musuh hampir setiap orang masa kini.

Ikan Bungkus

3
Photo Source:  Uncentillion
Sedangkan menu satu ini merupakan sajian ikan yang disantap sendiri, tidak seperti Papeda yang menjadi makanan pendamping ikan tongkol. Nah seperti namanya, ikan laut ini dibubuhkan dengan bumbu yang kaya akan rempah lalu dibungkus di dalam daun talas. Setelah itu, ikan ini siap dibakar di atas api yang super kecil hingga benar-benar matang supaya bumbu dan aroma meresap ke dalam daging. Itulah kenapa Ikan Bungkus ini benar-benar wajib disantap saat masih hangat. Nyam!

Ikan Bakar Manokwari

4
Photo Source:  resepdanmakanan
Masakan ikan lainnya adalah Ikan Bakar Manokwari. Makanan ini wajib sekali kamu coba saat berkunjung ke tanah Papua, karena sensasi sambal yang melumuri ikan ini sungguh bersahabat di lidah. Sedangkan ikan yang digunakan biasa berasal dari ikan tongkol dengan tekstur dagingnya yang lembut.

Udang Selingkuh

5
Photo Source:  indonesiakaya
Ternyata tak hanya manusia yang bisa selingkuh dengan mudahnya, bahkan udang pun bisa! Di Papua Barat, Udang Selingkuh jadi favorit orang untuk dijadikan makanan tengah rame-rame. Disebut udang selingkuh karena bentuk capitnya yang mirip seperti kepiting, seakan menyelingkuhi identitas! Soal rasa, Udang Selingkuh bissa digoreng, direbus, ataupun dibakar.

Sate Ulat Sagu

6
Photo Source:  rasiaziza
Barangkali baru sebagian orang yang kenal dengan menu Sate Ulat Sagu. Sejumlah tayangan yang menampilkan menu ini di televisi pun sukses membuat mata kita terbelalak. Namun bagi warga Papua, ulat sagu menjadi pemandangan yang biasa dilihat, bahkan dijadikan bahan makanan. Uniknya pula, banyak sekali yang menggemari varian sate ini. Berani mencoba?

Kue Lontar

7
Photo Source:  @sallysetia
Yang kamu lihat dari foto ini bukanlah cheese tart yang lagi hits belakangan ini. Jauh sebelum adanya makanan itu, Indonesia juga telah mengenali nikmatnya kue berbentuk pie dengan olahan susu dan gula yang lumer di mulut lewat menu Kue Lontar yang merupakan makanan khas masyarakat Papua. Oh iya, sekilas juga mirip dengan pie susu, ya!