Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Pilih Mana: Nasi Putih atau Nasi Merah?

Chandra WijayaChandra Wijaya
Pilih Mana: Nasi Putih atau Nasi Merah? - Main Photo
Pilih Mana: Nasi Putih atau Nasi Merah?
Buat kebanyakan orang Indonesia, makan kalau nggak pakai nasi pasti rasanya kurang afdol, atau malah berasa nggak makan. Dan beberapa waktu belakangan ini, beberapa orang banyak yang melirik nasi merah dengan mengatasnamakan kesehatan. Daripada salah kaprah dan selalu membanding-bandingkan nasi putih dan nasi merah, yuk baca ulasan Qraved berikut ini.  

Nasi Putih

Nasi Putih - fitnessformen
Photo Source: fitnessformen
Ini dia jenis makanan yang paling kita cintai. Coba bayangkan, di antara beragam makanan yang kita temui setiap hari, cuma nasi putih saja kan yang nggak pernah bikin kita mersa bosan kan? Selain nikmat, nasi putih memang sudah teruji memiliki kandungan nutrisi untuk tubuh, salah satunya adalah sumber energi bagi manusia. Namun jika diurutkan lagi secara terperinci, masih banyak manfaat lain yang kita dapat selama makan nasi putih selama ini. Yuk simak poin-poin ini.

1. Meningkatkan Mood

Beberapa peniliti, termasuk nutrisionis Joy Bauer menyebutkan kalau nasi putih mempunyai kandungan serotonin atau senyawa yang bisa menimbulkan perasaan senang pada otak, setelah itu kandungan karbohidrat yang bertugas membuat kandungan itu semakin kuat. Kalau nggak percaya, lihat saja ekspresi orang-orang yang diet nasi putih selama ini, terlihat seperti depresi dan mudah gelisah, kan? Hal ini benar-benar terjadi karena hasil penelitian, lho!  

2. Kaya Vitamin

Kabar baik lainnya, nasi putih juga mengandung niacin, vitamin D, kalsium, serat, zat besi, thiamine, dan riboflavin. Itu artinya, penting buat tubuh kita, nih!

3. Baik untuk Tulang

Dengan mengkonsumsi nasi, ternyata bisa mencegah osteoporosis! Itu karena nasi putih merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik buat tulang agar pertumbuhannya terbentuk dengan sempurna. 
Masih banyak lagi sebenarnya kandungan baik dari nasi putih, hal-hal di atas adalah bagian terpenting yang akan diserap tubuh. Jadi, stop berpikir nasi putih itu buruk bagi kesehatan ya!

Nasi Merah

Nasi Merah - Bonappetit.com
Photo Source: Bonappetit.com
Selanjutnya kita akan mengulik nasi merah. Sudah banyak orang yang mengganti nasi putih dengan nasi merah karena mengatasnamakan diet dan kesehatan. Hal itu karena nasi putih lebih banyak mengandung gula sehingga mulai dibatasi. Lalu, apa saja yang dimiliki nasi merah sehingga bisa lebih dianjurkan dari nasi putih? 

1. Mencegah Diabetes

Nah, penelitian mengungkapkan kalau beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga diyakini dapat menurukan risiko diabetes. 

2. Cocok Untuk Diet

Lantas, apa nasi merah dapat menurunkan berat badan? Nasi merah ternyata menyumbang kalori yang lebih sedikit dan memiliki kadar serat yang lebih tinggi, sehingga dapat membuat kamu lebih cepat merasa kenyang. Penting nih buat kamu yang mau mengurangi lingkar pinggang. 

3. Kurangi Risiko Penyakit Berbahaya

Selain itu banyak pula dampak baik yang dimiliki nasi merah untuk kesehatan kita, yaitu mencegah terjadinya batu empedu, dapat mencegah kanker pula, sehat untuk pencernaan, sumber antioksidan, dan banyak lagi.
Intinya, kedua nasi ini tetap memiliki kandungan baik untuk kesehatan kita. Asal dimakan dengan aturan yang baik dan tidak berlebihan, akan baik pula untuk kita. Jangan musuhi nasi putih dan jangan pula mengagungkan nasi merah saja. Sesuatu yang berlebih memang tidak pernah baik. Dan buat kamu yang bosan dengan nasi putih atau nasi merah, masih banyak olahan nasi lain yang bisa jadi pilihan bersantap, seperti nasi goreng, nasi kuning, nasi uduk