Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFoodNYABLAK! Inilah 8 Fakta di Balik Meledaknya Seblak

NYABLAK! Inilah 8 Fakta di Balik Meledaknya Seblak

Deri LesmanaDeri Lesmana
Siapa yang memasak sesuatu yang unik dan menjualnya dengan murah, ketenaran buatnya adalah keniscayaan. Jangan cari kalimat itu di kitab-kitab karena kamu gak akan menemukannya! Tapi kayaknya iya, makanan murah yang unik adalah magnet bagi hampir semua jenis segmentasi dari pasar Indonesia. Semua masuk alias suka, sama kayak cowok ganteng atau cewek cantik yang ramah ke semua orang—dia disukai semua orang dari usia, jenis kelamin, dan orientasi ‘itu’ yang berbeda.

Ngomong-ngomong, tadi itu prolog yang terlalu bombastis…padahal cuma mau bilang, ada 8 semi-fakta (yang bener-bener fakta biar diurus sama yang ahli) soal jajanan bernama seblak dan inilah uraiannya.

1. Garis Keturunan Si Bocah Seblak

 -
Photo Source: 
Baiklah, kita mengenal seblak sebagai jajanan yang berasal dari Bandung. Tapi beberapa orang mendapati kesamaan antara seblak dengan krupuk godog asal Sumpiuh, Jawa Tengah, yang sudah ada sejak 1940-an.

Kesamaan itu, lalu, ngebuat beberapa orang itu berpendapat kalau seblak adalah krupuk godog dan krupuk godog adalah seblak. Jadi, asalnya dari Sumpiuh. Hmm…ini rumit, apa iya gitu atau krupuk godog hanyalah leluhur seblak (yang populer sejak 2000-an)? Ibu lahir di Jawa Tengah dan anak lahir di Bandung bisa, kan? Ibu tidak sama dengan anak, kan?

Tolong bantu jelasin, ya, kalau kamu kuliah sejarah kuliner Indonesia.

2. Yang Berkuah Gak Tunggal

 -
Photo Source: 
Terpujilah akang-akang yang menyebar ke berbagai daerah sebagai duta seblak. Mereka mengenalkan kita dengan seblak, ngebuat lidah kita tahu ada makanan segurih itu di dunia ini, dan hanya meminta bayaran sedikit dari kita.

Tapi seblak yang kita kenal gak hidup sendirian. Dia punya saudara kembar yang gak suka air dan hidup dengan kering. Seblak kering itu berasal dari bahan yang sama: kerupuk, bawang merah dan putih, kencur, dan cabe rawit.

Seblak kering sama pedasnya. Potongan cabe rawitlah yang bikin dia begitu.

3. Seblak Tanpa Kencur Adalah Eblak

 -
Photo Source: 
Kalau kamu beli seblak dan gak ada rasa kencurnya, kamu ketipu seratus persen. Kencur adalah bahan yang harus ada dalam seblak. Gak nemu, sih, dasar hukumnya, tapi anggaplah emang begitu.
Gak ada lain, seblak harus sedap dan karena itu kencur harus ada. Bayangin aja kerupuk kering atau lemas-basah yang, kalau nempel di lidah kita, cuma bikin kita kepedesan. Apa istimewanya? Sungguh seblak tanpa kencur bukanlah seblak…mungkin eblak.

4. Apa Seblak Bergizi?

 -
Photo Source: 
Nasib makanan enak dan murah adalah…dituduh gak bergizi. Kalau gak cukup, dituduh gak bersih karena dijual di pinggir jalan. Kalau masih belum cukup, dituduh mengandung lelehan plastik atau lilin ulang tahun. Kasian…

Lalu, apa seblak bergizi? Tiba-tiba harus pergi, nih, biar yang ahli aja yang jawab.

Apa Seblak Gak Bergizi?

 -
Photo Source: 
Seblak masuk dalam kategori makanan pedas yang mengandung cabe rawit, bukan balsem gosok. Cabe rawit mengandung betakaroten, vitamin C, A, dan B6 yang manfaat paling kerennya adalah mencegah kanker.

Selain itu, seblak juga mengandung kencur yang masuk kategori tanaman obat yang bagus buat lambung kita. Jadi, apa seblak bener-bener gak bergizi?

6. Darah Asing di Tubuh Seblak

 -
Photo Source: 
Seiring dengan meledaknya popularitas seblak, dalam satu daerah bisa ada lebih dari dua penjual seblak. Ini menuntut kreativitas penjual seblak, mereka harus berinovasi. Karena itu, sekarang kita kenal seblak basah yang gak cuma berisi kerupuk yang kenyal.

Seblak masa kini sudah dilengkapi dengan sosis, makaroni, kwetiaw, dan sebagainya. Nyamm!

7. Seblak Berpengaruh bagi Dunia

 -
Photo Source: 
Anggaplah teori yang bilang kalau semua hal berkaitan dan saling mempengaruhi. Mari bilang kalau seblak sudah berpengaruh bagi dunia, terutama dalam perekonomian. Lihatlah penjual-penjual seblak pinggir jalan yang banyak itu, yang juga nunjukkin kalo banyak peminatnya.

Fenomena itu, sekaligus seblak yang dijual serius oleh kedai-kedai, pasti berpengaruh ke perekonomian Indonesia, Asia, dan dunia. Hebat juga, nih, kerupuk dandan!

8. Seblak Tanpa Streofoam Itu Keren!

 -
Photo Source: 
Biar seblak tetap dan makin jaya, kayaknya bakal keren kalau semua penjual seblak gak pake sterofoam sebagai wadah. BPOM juga kan udah ngelarang pemakaian wadah bahaya itu. Kita pun kerennya makan di tempat dengan wadah piring atau bawa kotak makan.

Ciyye, yang lagi serius…
Qraved | Life is Tasty