Qraved
Makan enak! Ingat Qraved
Kuliner apapun yang kamu cari ada di Qraved! Download sekarang!
Sign In

Search

Bisa order
Go Food lho
sekarang!
Klik Order Now
di artikel ini untuk
pesan makananmu

Nutrisi Di Balik Warna-Warni Buah dan Sayuran

January 11, 2017 10:33
Nutrisi Di Balik Warna-Warni Buah dan Sayuran
Selain rasa, warna juga bisa jadi salah satu daya tarik dari sebuah makanan yang kamu makan. Lewat representasi warnanya kadang bikin kamu membayangkan bagaimana rasanya, seperti yang sudah Qraved bahas di artikel Dari Mata Turun Ke Lidah ini.  Dan yang perlu kamu tahu, buah-buahan dan juga sayuran yang punya variasi warna pun ternyata punya khasiat masing-masing. Yuk, cek selengkapnya di artikel ini!

Merah

Nutrisi Di Balik Warna-Warni Buah dan Sayuran
Photo source: Khitan Klamp
Buah dan juga sayuran dengan warna merah seperti semangka, tomat, strawberry, hingga paprika ternyata memiliki makna bahwa mereka mengandung lycopene, anthocyanin, dan juga vit C yang bisa mengurangi rIsiko penyakit stroke, menjaga kesehatan jantung, dan juga mencegah penyakit kanker prostat, lho.

Oranye dan Kuning

Nutrisi Di Balik Warna-Warni Buah dan Sayuran
Photo source: Healthy food to you
Warna buah dan sayur kuning dan oranye bisa kamu jumpai pada pisang, jeruk, labu, wortel hingga lemon. Warna oranye atau kuning ini menandakan bahwa buah dan sayuran kamu memiliki kandungan beta karoten, alpha karoten, hingga potasium dalam jumlah yang banyak. Nutrisi-nutrisi ini amat baik untuk kesehatan penglihatan kamu, meningkatkan daya tahan tubuh, serta memperkuat tulang kamu.

Hijau

Nutrisi Di Balik Warna-Warni Buah dan Sayuran
Photo source: Ayurveda and Yoga
Banyak sekali jenis sayuran yang berwarna hijau, mulai dari bayam, timun, kangkung, brokoli, hingga alpukat. Sayur dan buah hijau ini berarti punya banyak kandungan magnesium, zat besi, kalsium, vitamin K hingga asam folat yang menjadikan mereka amat bagus digunakan untuk detoks, dan memperbaiki kesehatan pencernaan kamu.

Ungu dan Biru

Nutrisi Di Balik Warna-Warni Buah dan Sayuran
Photo source: WatchAppetite.PH
Warna ungu dan juga biru memang kelihatannya amat menarik perhatian. Selain itu buah-buahan dengan warna ungu punya rasa unik, contohnya saja anggur, terung, blueberi, kol ungu, hingga bawang merah. Nah, warna ini menandakan bahwa mereka mengandung folat, potasium, dan juga antioksidan yang bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit, hingga sebagai anti inflamasi.

Putih / Pucat

Nutrisi Di Balik Warna-Warni Buah dan Sayuran
Photo source: Takvim
Walaupun kelihatannya memiliki warna paling tidak cerah, ternyata buah dan juga sayuran yang berwarna pucat ini juga punya banyak kandungan yang bisa membuat tubuh makin sehat, lho. Seperti kandungan vitamin C, alium, hingga flavanoid yang baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular, dan juga mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Contoh dari buah dan sayuran yang berwarna pucat ini adalah, bawang putih, kol, kentang, dan juga jamur.
Nah, sudah tahu, kan, sekarang makna warna dari buah dan sayuran kamu? Tinggal pilah dan pilih nutrisi yang kamu butuhkan, lalu tentukan sayuran dan buah-buahan yang akan kamu konsumsi.