Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Nikmati Kuliner Sambil Denger "Om Telolet Om"

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Nikmati Kuliner Sambil Denger "Om Tolelot Om"1
Duniaku Network
Om.. Telolet, Om! Seruan semacam itu benar-benar sedang naik daun. Tak hanya di Indonesia, bahkan kini telah mendunia. Awalnya, "Om... Telolet, Om!" ini lahir dari rutinitas bocah-bocah di sekitar Jepara yang selalu menghabiskan sore mereka untuk berdiri di pinggir jalan sambil meneriakkan seruan itu pada supir bus. Setali tiga uang, para supir bus pun dengan suka rela menekan klakson mereka yang memunculkan irama bunyi unik sehingga menyenangkan anak-anak tersebut. Momen kesederhanaan itulah yang kemudian membuat kegiatan tersebut menjadi viral. Nah, mungkin, untuk kamu yang sehari-harinya berkutat di pusat kota Jakarta, tentu akan sangat jarang mendengar bunyi klakson yang sedang nge-hits ini. Tapi tenang saja, untuk kamu yang ingin menyaksikan dan atau mendengarkan fenomena seperti ini, kamu bisa saja menikmatinya sembari mampir ke tempat makan sekaligus menikmati betapa meriahnya bunyi klakson bus-bus saat ini. Catatannya, tentu saja, fenomena seperti ini hanya bisa dinikmati oleh mereka yang memilih "road trip".

1. RM Lestari Karanganyar

Nikmati Kuliner Sambil Denger "Om Tolelot Om"2
Photo Source:  rekomendasi.me
Untuk mereka yang sering menggunakan jasa bus dari Jogja tujuan Jakarta ataupun Sumatera --terkhusus bus dengan trayek jalur Selatan-- tentu, RM Lestari ini tak begitu asing. Rumah makan yang berlokasi di Karanganyar ini merupakan tempat pemberhentian bus Putra Remaja dan Rosalia Indah. Menu makanan di sini memang tak mewah-mewah amat. Tapi, punya rasa yang enak, seperti Ayam Goreng Kremes, Udang Tepung Goreng, Bistik Lidah Sapi, atau Gurame Cabe Hijau. Pastinya, selain bisa mendengar irama klakson bus yang menghibur telinga, kamu juga bisa makan enak dan murah.

2. RM Sumber Alam Ajibarang

Nikmati Kuliner Sambil Denger "Om Tolelot Om"3
Photo Source:  Sumber Alam
Sebagai salah satu perusahaan bus terbesar di jalur Selatan Jawa, Sumber Alam pun punya rumah makan sendiri, yang setiap harinya jadi tempat transit bus-bus Sumber Alam dari Jakarta ke Jogja, maupun sebaliknya. Di sini kamu bisa menikmati aneka menu Indonesia dan Chinese food. Pas untuk mengisi perut keroncongan saat di perjalanan sembari jadi saksi mata fenomena "tolelot".  

3. RM Barokah Indah

Nikmati Kuliner Sambil Denger "Om Tolelot Om"4
Photo Source:  estuprabowo.blogspot.com
RM Barokah Indah yang ada di daerah Pamanukan ini merupakan tempat transit bus Bajeu, salah satu bus yang juga tenar karena "tolelot"-nya. RM yang satu ini bisa kamu jadikan sebagai tempat rehat sejenak sambil menyantap aneka masakan Indonesia sembari mendengarkan merdunya nada klakson bus yang sedang kekinian.

4. RM Menara Kudus

Nikmati Kuliner Sambil Denger "Om Tolelot Om"5
Photo Source:  bismania
RM Menara Kudus, adalah tempat pemberhentian rutin PO Haryanto, perusahaan otobus yang terkenal akan laju kecepatan busnya. Menu di Menara Kudus ini sebenarnya juga tak jauh beda dengan menu-menu rumah makan Pantura kebanyakan, yang didominasi cita rasa tanah air. 

RM. Bukit Indah

Nikmati Kuliner Sambil Denger "Om Tolelot Om"6
Photo Source:  Abdullah Hatta
Buat kamu yang sudah melihat tayangan video viralnya, bus Shantika. bisa jadi adalah satu yang paling sering muncul dalam video "Om.. Tolelot, Om". Nah, untuk kamu yang ingin melihat sendiri kegagahan bus dan aksi klaksonnya, silahkan mampir ke RM Bukit Indah yang ada di daerah Gringsing, Jawa Tengah. Niscaya, batinmu yang penasaran akan penampakan bus Shantika ini, akan terpuaskan.