Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Nama Jajanan Unik yang Siap Bikin Kamu Terbelalak

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Nama Jajanan Unik yang Siap Bikin Kamu Terbelalak1
Toko Mesin Maksindo
Selain kaya warisan kuliner, di Indonesia juga banyak ditemukan nama-nama makanan unik atau aneh, tapi enak. Sampai-sampai, ada beberapa makanan yang bikin kita mengernyitkan dahi. Yang jelas, apapun nama makanan-makanan ini, nama tersebut lahir dari refleksi panjang kebudayaan anak bangsa Indonesia.

Rondo Royal

Nama Jajanan Unik yang Siap Bikin Kamu Terbelalak2
Photo Source:  Toko Mesin Maksindo
Makanan ini sejatinya adalah tape goreng. Namun banyak masyarakat Jepara yang menyebutnya Rondo Royal. Kalau dalam bahasa Indonesia, artinya janda pemurah atau janda mewah.  Entah bagaimana sejarah dan asal-usul nama itu, sampai makanan ini diberi nama yang nyentrik itu. Tapi soal rasa, tape yang diolah dengan tepung, lalu digoreng ini punya cita rasa manis gurih yang khas. 

Dudo Kemulan

Nama Jajanan Unik yang Siap Bikin Kamu Terbelalak3
Photo Source:  YouTube
Yang ini juga tidak kalah nyentrik. Penganan dudo kemulan yang artinya duda selimutan ini terbuat dari olahan singkong yang di tengahnya ada cairan gula jawa, yang kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Mungkin, frasa "kemulan" yang ada pada makanan ini, terinspirasi dari tampilannya yang diselimuti oleh daun pisang. Selain sebutan dudo kemulan, makanan khas Kediri ini juga biasa disebut dengan lemet. Rasa gurih-gurih manisnya siap membuat kamu ketagihan. Coba saja kalau kurang percaya.

Bujang Selimut

Nama Jajanan Unik yang Siap Bikin Kamu Terbelalak4
Photo Source:  resep makanan unik
Ada janda, ada duda, ada juga bujang. Makanan yang biasa disebut dengan bujang selimut ini berbeda dengan duda kemulan. Kalau duda kemulan berbahan dasar singkong, bujang selimut berbahan dasar ketan. Kulit luar makanan ini makanan ini dibuat dari tepung sagu yang dicampur santan dan juga pewarna alami, sehingga warnanya bisa hijau terang. Meski bahannya berbeda, dudo kemulan dan bujang selimut punya rasa yang sama-sama enak. Ah, meski ada duda, ada janda, ataupun bujang, kenapa tak ada makanan yang menamakan makanan dengan nama jomblo? 

Uthuk Yuyu

Nama Jajanan Unik yang Siap Bikin Kamu Terbelalak5
Photo Source:  Tokopedia
Kue kering yang satu ini punya nama yang tak kalah unik. Uthuk Yuyu. Dalam bahasa Jawa, uthuk berarti busa. Sedangkan Yuyu adalah kepiting. Atau, jika diartikan, uthuk yuyu adalah busa (yang dihasilkan) kepiting (saat keluar dari liangnya). Pernahkah kamu melihat fenomena ketika seekor kepiting keluar dari liangnya? Nah, di sana kamu akan melihat gelembung-gelembung yang menyumbul dari permukaan. Bulatan-bulatan gelembung itulah yang kemudian menjadi inspirasi kue kering ini, kue yang punya tampilan seperti gelembung yang tak beraturan.