Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Museum Unik Buat Kamu Yang Doyan Makan!

Chandra WijayaChandra Wijaya
Ternyata Ada Museum Makanan1
Museum Unik Buat Kamu Yang Doyan Makan!
Memuaskan selera ternyata nggak hanya bisa dilakukan di tempat makan, lho! Beberapa negara ternyata ada yang sengaja membangun museum khusus yang fokus pada hal-hal seputar makanan. Unik dan bisa mengedukasi para pengunjungnya-terutama pencinta kuliner- mulai dari asal muasal hingga pembuatan suatu makanan. Yuk, baca ulasannya!

The National Mustard Museum

The National Mustard Museum2
Photo Source:  mojotraveler.com
Berlokasi di Middleton, Amerika Serikat, museum ini menarik perhatian pengunjung dengan koleksi informosi berbagai jenis mustard dari seluruh penjuru dunia. Bayangkan, ada 5.676 jenis mustard dari 70 negara yang tertata rapi, semua jenis yang kamu incar pasti ada di sini! Selain itu terdapat pula berbagai informasi seperti sejarah, komposisi, serta penggunaan mustard pada makanan. Dan buat kamu yang di Jakarta, sajian menu dengan mustard biasanya bisa kamu nikmati di menu burger. 

The Frietmuseum

The Frietmuseum3
Photo Source:  seputarmakan
Sedangkan di Bruges, Belgia, ada sebuah museum satu-satunya di dunia yang mendedikasikan perhatiannya pada kentang goreng. Unik banget! Di sini, kamu bisa puas-puasin mencoba berbagai kentang goreng, serta melihat pameran tentang cerita awal kentang goreng ditemukan. Nah pertanyaannya, kenapa kentang goreng? Ternyata sang pemilik, Cedric dan Eddy van Bell cinta banget sama museum-museum yang aneh dan nyentrik, bahkan katanya mereka juga punya Museum Pencahayaan Domestik di Belgia. 

Shin-Yokohama Raumen Museum

Shin-Yokohama Raumen Museum4
Photo Source:  From the Grapevine
Bagi penggila mie Jepang, bisa dibilang inilah surga kenikmatan untuk memuaskan seleramu! The Shin-Yokohana Raumen Museum merupakan tempat dengan berbagai jenis ramen atau mie klasik dari sejumah wilayah di Jepang. Dengan datang ke sini, kamu nggak harus terbang ke sejumlah kota di Jepang untuk mencicipi ramen khasnya. Ada dua lantai dengan pemandangan yang berbeda, lantai pertama berisi info sejarah ramen dengan pajangan traditional bowls, serta lantai basement disulap menyerupai kota tua di Tokyo, Shitamachi, dimana ada sembilan gerai ramen yang menyediakan jenis ramen yang beda. Buat kamu yang mau mencicipi ramennya, tinggal beli tiketnya di vending machines di depan setiap gerai. 

Spam Museum

Spam Museum5
Photo Source:  hormelfoods125.com
Pemakan daging sejati pasti sudah mengerti, spam adalah daging dalam kaleng yang telah disajikan berbumbu. Dan di Minnesota, tepatnya di Austin's Oak Park Mall, ada Spam Museum, yang menghadirkan berbagai jenis daging kaleng yang ada di dunia. Meskipun nggak bisa dicicipi secara langsung, tapi para pengunjung bisa beli sejumlah produk daging kalengan di sini, kok.

Udon Museum

Udon Museum6
Photo Source:  oyatsubox
Setelah ada museum ramen, di Jepang, tepatnya Kyoto kamu bisa menyambangi Udon Museum! Para pengila udon wajibnya datang ke sini, karena terdapat beragam jenis mie yang terbuat dari gandum, salah satunya udon. Di antaranya terdapat sekitar 45 jenis udon dari berbagai kota di Jepang. Serunya, di museum ini juga menyediakan restoran yang menawarkan aneka udon yang siap kamu cicipi di tempat. 

Kimchi Museum

Kimchi Museum7
Photo Source:  @alliwantizsunshine
Kemudian beralih ke Korea, negara ini nggak kalah tertinggal dengan Kimchi Museum. Mungkin karena pamornya yang sudah kian mendunia, nggak heran kalau makanan hasil fermentasi sawi pedas ini juga dimuseumkan! Para pengunjung dihibahi pengetahuan-pengetahuan tentang sejarah, jenis, hingga peran kimchi pada budaya masyarakat Korea. 

Canadian Potato Museum

Potato Museum8
Photo Source:  CBC
Selama ini kamu makan French fries, wajib tahu juga berbagai elemen penting hingga munculnya kentang. Nah, info-info itu dijelaskan semua dalam Canadian Potato Museum. Seperti namanya, museum ini terdapat di Kanada dengan menggambarkan segala proses pembuatan kentang goreng, mulai dari pemanenan hingga siap disantap. Pajangan dari depan saja sudah seperti ini, wah bikin penasaran, ya!