Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Menolak Tunduk pada MSG, Hidup Sehatpun Dimulai

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Menolak Tunduk pada MSG, Hidup Sehatpun Dimulai1
vemale.com
Buat kita yang doyan makan, MSG itu (bisa jadi) adalah segalanya. Soalnya, kalo makanan ga pakai MSG itu rasanya kayak ada yang kurang. Terus, selain itu, kalo makan tanpa MSG itu ga bisa nagih. Soalnya, di MSG-lah semua kenikmatan itu bermula. Ya, walaupun kita tahu,kalo MSG itu ga bagus buat tubuh, tapi melawan kecanduan akan makanan yang menganduk MSG itu emang susah. Iya, susah. Susah bukan berarti ga bisa dilakukan. Karenanya, kali ini Qraved mau kasih kamu beberapa cara buat melawan MSG. Biar kamu ga tunduk dan dibodohi micin dan memulai hidup sehat.

1. Beralih ke Penyedap Rasa Alami

Menolak Tunduk pada MSG, Hidup Sehatpun Dimulai2
Photo Source:  Kimia
Artinya gini, kamu harus mulai untuk mengurangi penggunaan micin yang biasanya dijual di pasaran. Kamu bisa memulai mengganti "peran" micin dengan ebi ataupun bawang putih, misalnya. Atau kalo kamu emang sempat, coba sempatkan membuat penyedap rasa dari bahan-bahan alami sendiri.

2. Lebih Kritis

Menolak Tunduk pada MSG, Hidup Sehatpun Dimulai3
Photo Source:  id.theasianparent.com
Mau ga mau, kita harus membiasakan diri untuk menanyakan pada penjual makanan sebelum membeli makanan: apakah makanan tersebut menggunakan MSG atau tidak. Misalnya saja, iya, kamu bisa meminta si penjual untuk tidak menggunakan MSG.

3. Memilih Makanan Aman dan Higienis

Menolak Tunduk pada MSG, Hidup Sehatpun Dimulai4
Photo Source:  Recipes Hubs
Makan raw food, atau makanan yang direbus, adalah salah satu jenis makanan yang ga pakai micin. Mungkin kamu bisa memulai kampanye-anti-micin-untuk-diri-sendiri dengan mulai intens makan sashimi atupun raw salad. Atau kamu mau meningkatkan intensitas minum jus-mu? Ah, itu juga bagus kok.

4. Imbangi dengan Air Putih

Menolak Tunduk pada MSG, Hidup Sehatpun Dimulai5
Photo Source:  pojok sulsel
Air putih itu bisa menetralisir zat-zat jahat yang masuk ke dalam tubuh. Makanya, meminum air putih yang banyak juga mengurangi efek bahaya micin. Apalagi, setelah makan makanan yang mengandung micin, biasanya tenggorokan kita jadi sedikit kering dan haus. Ya, kan?