Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Menguak Misteri Kontroversi Asal Usul Kopi di Seantero Dunia

Karina MarpaungKarina Marpaung
Menguak Misteri Asal Usul Kopi 1
@wilsonkongadian
Di balik makin maraknya varian minuman kopi, tahukah kamu bagaimana dan darimana asal usul hadirnya kopi? Daripada penasaran, langsung saja simak dan perkaya pengetahuanmu melalui sejarah kopi di berbagai negara berikut. 

Ethiopia

2
Photo Source:  coffee_kulture
Beragam sumber menyatakan bahwa kopi pertama kali ditemukan oleh gembala kambing asal Ethiopia sekitar abad ke-11. Awalnya, biji kopi yang dianggap sebagai buah berry disantap oleh para kambing. Tak disangka, "buah berry" tersebut membuat kambing-kambing menjadi sangat enerjik dan sulit terlelap di malam hari. Sang gembala pun melaporkan penemuannya ke kepala biara pria setempat. Akhirnya, kepala biara menyebarkan kabar tentang "buah berry" pengusir kantuk tersebut kepada biarawan lain dan sejak itulah penyebaran kopi menjadi semakin meluas hingga Semenanjung Arab. 

Arab

3
Photo Source:  scandinaviancoffeeshop
Sebelum tersebar ke seluruh dunia, penanaman dan jual beli biji kopi diyakini pertama kali dimulai di negara Arab. Gaya menikmati kopi ala coffee shop yang kini telah merasuk hampir ke seluruh negara di dunia pun disinyalir berasal dari Arab. Arab juga dinilai menjadi pionir kultur menyeruput secangkir kopi sambil berbincang, mendengarkan musik, menonton pertunjukan, bermain catur atau membaca berita. 

Eropa

4
Photo Source:  coffee_kulture
Konon, negara Eropa baru mengenal sajian kopi pada abad ke-17. Karena memiliki rasa pahit dan warna hitam pekat, kopi sempat dijuluki sebagai minuman ciptaan setan sehingga membuat masyarakat merasa resah. Keresahan yang timbul di tengah masyarakat akhirnya menggerakan Paus Clement VIII untuk mencicipi "minuman ciptaan setan" tersebut. Tak disangka, sang Paus justru sangat menyukainya dan memberikan pernyataan bahwa kopi bukanlah minuman berbahaya atau ciptaan makhluk gaib. Peristiwa itu sekaligus menandai persebaran kopi di negara-negara Eropa, seperti Inggris, Austria, Prancis, Jerman, dan Belanda. 

Amerika Tengah dan Selatan

5
Photo Source:  @wilsonkongadian
Keberadaan kopi di Amerika Tengah dan Selatan disinyalir berasal dari biji kopi yang ditanam oleh seorang anggota angkatan laut Prancis bernama Gabriel de Clieu di Martinique (wilayah luar negara Prancis) pada tahun 1723. Secara spesifik, sejarah mencatat bahwa kopi Brazil yang sangat terkenal di dunia tercipta berkat usaha Francisco de Mello Palheta yang dikirim oleh kaisar ke kawasan Guyana Prancis untuk memperoleh biji kopi. Pemerintahan Prancis memang sama sekali tak mau memberikan biji kopi kepada Palheta. Namun, istri Gubernur Prancis yang terpikat dengan ketampanan Palheta akhirnya memberikan biji kopi yang tersembunyi dalam sebuah buket bunga. So, sweet!