Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Mengenal Sajian Idul Adha dari Berbagai Belahan Dunia

Iqra RabikaIqra Rabika
Mengenal Sajian Idul Adha dari Berbagai Belahan Dunia1
jakpost.travel
Idul Adha yang identik dengan pemotongan kambing atau sapi ini emang jadi momen buat puasin perut dengan makan masakan yang menggunakan daging sebagai bahan utamanya. Nah, kalo di Indonesia kan biasanya masakan yang biasanya ada pas Idul Adha itu kalo gak sate kambing, ya gulai kambing. Kalo di negara lain apa aja ya sajian khas pas Idul Adhanya? Baca terus buat tau, siapa tau ada yang pernah kamu coba.

Nasi Biryani

nasi biryani2
Photo Source:  masakanpraktisrumahan
Nasi Biryani yang merupakan nasi dari beras basmati yang di goreng dengan bumbu rempah-rempah, sayuran dan menggunakan daging kambing ini populer banget di India, dan juga Pakistan. Biasanya nasi biryani ini menggunakan daging kambing, makanya cocok banget buat sajian Idul Adha. Kalo kamu pengen nyobain nasi biryani ini gak usah jauh-jauh ke India kok, soalnya di Jakarta kamu juga bisa makan nasi biryani di Queen Tandoor yang jualan masakan India.

Kebab

kebab3
Photo Source:  pinterest
Nah, kalo di India dan Pakistan biasanya masak nasi biryani, beda lagi nih sama negara-negara di Timur Tengah kayak Mesir dan Arab. Saat Idul Adha, di negara Timur Tengah biasanya punya sajian spesial nih, yaitu kebab. Masakan yang menggunakan daging kambing ini biasanya digulung dengan menggunakan tortilla. Pengen makan kebab juga pas Idul Adha nanti? Cobain aja Warung Turki by Turkuaz, karena disini kamu bisa ngerasain kebab yang rasanya orisinil banget!

Boulfaf

boulfaf4
Photo Source:  sweetcoconutandcumin
Mungkin kamu masih jarang banget denger nama makanan Boulfaf. Masakan yang satu ini tuh biasanya di jadikan sajian Idul Adha di negara Afrika Utara, seperti Maroko dan Tunisia. Boulfaf ini merupakan masakan dari hati kambing yang di masak dengan cara dibakar. Hm, gimana ya rasanya?

Tagine

tagine5
Photo Source:  text33
Nah, kalo di negara Aljazair beda lagi nih sajian Idul Adhanya. Di sini mereka biasanya menyajikan Tagine sebagai makanan untuk Idul Adha. Cara masak Tagine ini agak beda nih, karena tagine yang merupakan campuran daging sapi dan kambing ini dimasak dengan menggunakan mangkok yang memiliki tutup seperti tudng dan terbuat dari tanah liat. Masaknya sih seperti di rebus, dan ditambahkan bumbu seperti daun khusbur dan juga mukholat. Bikin penasaran ya rasanya kayak apa?

Tbikha

tbikha6
Photo Source:  entrelorientetloccident.over-blog
Negara yang punya warga negara muslim yang cukup banyak di benua Afrika ya di Libya. Nah, biasanya nih saat Idul Adha, muslim Libya bakalan menyajikan Tbikha yang merupakan daging kambing yang dimasak dengan cara disemur bareng dengan labu, kacang, serta bauran kismis dan juga bumbu rempah. 

Sate Kambing

sate kambing7
Photo Source:  onehallyu
Nah, kalo di Indonesia biasanya sih pas Idul Adha pasti daging kambing atau sapinya dijadiin sate yang dibakar rame-rame bareng keluarga atau teman. Momen Idul Adha emang pas banget deh buat makan daging kambing yang di sate sampe perut puas. Awas jangan sampe kalap, nanti darah tinggi lho!