Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Mengenal Lebih Dalam Jenis Mie Jepang yang Super Enak!

Chandra WijayaChandra Wijaya
Mengenal Lebih Dalam Jenis Mie Jepang yang Super Enak!1
www.columbusparkramenshop.com
Dari sekian banyaknya makanan khas Jepang, emang hampir semuanya jadi favorit orang Indonesia. Sebenarnya masih banyak lagi jenis makanan lain yang nggak begitu dikenal orang Indonesia, misalnya mie. Ternyata ada beberapa jenis lagi lho mie khas Jepang dengan cara pembuatan yang berbeda pula. Coba nih tengok list ini, pasti ada yang belum pernah kamu coba!

Ramen

2
Photo Source:  www.columbusparkramenshop.com
Dimulai dulu dari jenis mie yang dikenal sejuta umat. Yup, apalagi kalau bukan ramen. Mie khas Jepang ini emang punya cita rasa yang menarik, apalagi dengan rasa kuahnya yang bersahabat di lidah. Semangkuk ramen biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang khusus, seperti miso, shio, tonkotsu, dan shoyu. Untuk menikmati ini sebenarnya lebih sedap kalau dengan cita rasa yang otentik Jepang. Di Jakarta, kamu bisa sambangin Yoiko Ramen 415. Mulai dari interior ruangan dengan suasana yang persis seperti kedai di Jepang, hingga bahan-bahannya pun langsung dari Jepang. Serius, ini enak banget!

Soba

3
Photo Source:  justhungry
Di Indonesia sendiri udah mulai banyak tempat makan yang menyajikan mie soba setelah ramen dan udon. Buat kamu yang belum tahu, soba adalah jenis mie Jepang yang terbuat dari tepung soba atau campuran gandum dan tepung terigu. Kalau dilihat-lihat, ukurannya memang hampir mirip dengan spaghetti. Kamu wajib cobain nih, dengan tekstur yang seperti ini emang enak banget ketika dikunyah, belum lagi dengan aneka bumbu yang digunakan. Salah satu restoran soba di Jakarta yang recommended adalah Yamatoten Abura Soba. Coba aja kalau nggak percaya, setelah itu review di sini ya.

Udon

4
Photo Source:  justonecookbook
Seperti yang dijelasin tadi, selain ramen, tentunya ada udon. Mie ini juga nggak kalah anyar dibanding ramen untuk di Indonesia. Kamu pun udah nggak asing, udon berbentuk lebih tebal dibanding jenis mie lainnya, yaitu berukuran 4-6mm. Yang ternyata, mie ini juga enak lho untuk dikunyah bersama topping lainnya seperti tahu goreng (kitsune udon), tempura (tempura udon), dan sayuran (sansai udon).

Shirataki

5
Photo Source:  homesweetjones
Masuk ke jenis-jenis mie yang agak asing di telinga kita. Tahukah kamu ada jenis mie Shirataki? Mie ini juga populer lho di Jepang, dan bahkan sebenarnya beberapa restoran di Jakarta banyak juga yang menyajikan makanan ini. Biasanya kamu temuin di masakan sukiyaki dan oden. Mie ini hampir mirip dengan soun, yaitu berbentuk tipis, namun terbuat dari konnyaki (sejenis agar-agar) yang membuat teksturnya jadi kenyal. Buat pendamping topping, sepertinya emang enak banget nih.

Somen

6
Photo Source:  tastespce
Biarpun namanya hampir mirip dengan ramen, tapi jenis somen ini nggak mirip sama sekali. Justru bahan pembuatannya hampir mirip dengan soba yang terbuat dari gandum. Orang Jepang sana biasa makan ini saat musim panas, mengingat mie ini memang umumnya disajikan dingin dengan kuahnya.

Hiyamugi

7
Photo Source:  travelience
  Hiyamugi sangat mirip dengan somen dan udon, hanya saja ukurannya tidak sekecil somen dan tidak sebesar udon. Cara penyajiannya bahkan mirip dengan somen dan udon.  

Champon

8
Photo Source:  timetravelturtle
Ada juga Champon. Menu ini sebenarnya bukan jenis mie, tapi lebih kepada jenis masakan Jepang yang menggunakan mie sebagai bahan utamanya. Makanan ini umumnya berkuah dengan tambahan sayur, daging, atau seafood di dalamnya.