Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Mau Bisnis Makanan Online? Ini Triknya!

Chandra WijayaChandra Wijaya
Mau Bisnis Makanan Online? Ini Triknya!1
maxmanroe.com
Selain posting-an foto selfie, OOTD, atau momen makan atau jalan-jalan, di media sosial pun semakin dibanjiri dengan menu menggoda selera dari para pebisnis kuliner yang berjualan online. Tertarik mau mencoba peruntungan di bidang ini? Buat kamu yang punya kemampuan di industri kuliner plus punya segudang ide, jangan cuma sebatas angan-angan saja. Mulai usaha kulinermu dengan tips dari Qraved berikut!
Usaha Kuliner2
Photo Source:  maxmanroe.com

Konsep Harus Menarik!

Apapun bisnis yang mau kamu gagas, tentu harus diawali dengan pemikiran konsep dulu. Pilar utama membangun sebuah bisnis, terutama di bidang kuliner tentunya harus punya konsep yang menarik, mengingat beragamnya kompetitor yang akan kamu hadapi nantinya. Meskipun begitu, banyak pula yang menghadirkan konsep makanan dengan kesan sangat memaksa. Coba saja kamu kunjungi sebuah acara bazaar makanan dan mengulik bisnis serupa di media sosial. Dari situ pasti kamu akan melihat banyak contoh.  Selain itu, usahakan pula untuk membuat konsep yang original. Kalaupun menyerupai kompetitor, tambahkan lagi kreasi baru sehingga tidak akan sepenuhnya mirip dengan sajian si kompetitor. Konsepnya harus bisa membuat seseorang penasaran dan bertanya-tanya tentang produk makanan apa yang kamu tawarkan. 

Brand!

Setelah menemukan ide yang brilian tentang konsepmu, barulah saatnya menentukan brand. Saran pertama, jangan lupa untuk membuat merk yang menggambarkan identitas kamu dan produkmu. Buat pula desain dan nama brand yang unik, namun tetap mudah diingat dengan mudah oleh para konsumen. Yang sedang menarik saat ini adalah konsep logo yang simpel, seperti typography, yang menarik untuk dilihat mata.

Tentukan Target Pasar

Semua pun tahu, target pasar adalah acuan utama untuk merancang strategi pasar. Untuk itu, jangan lupa untuk secara spesifik menentukan segmentasi target pasarmu. Misalnya, jika kamu membuat usaha makanan yang identik dengan anak muda seperti martabak, kamu jadi bisa membuat promo-promo menarik dengan desain layout yang playful. Inovasi berikutnya juga jadi lebih mudah dipikirkan.
Webiste Kuliner3
Photo Source:  webpraktis

Gunakan Website

Walaupun memang, biasanya langkah awal yang digunakan para pemilik usaha kuliner adalah menggunakan sosial media atau blog. Mengingat kekuatan sosial media itu sangat kuat, baik Twitter, Facebook, ataupun Instagram, langkah seperti ini memang wajar sekali jika kamu lakukan. Namun akan lebih baik jika tak lama setelah kamu memulai bisnismu, kamu hadirkan pula website yang dapat menunjang penjualan dengan sangat efisien. Kamu juga dapat merasa lebih dekat dengan pelangganmu.

Foto Makanan Harus Menarik!

Pada intinya foto atau visual dapat memberikan kesan yang menggoda mata. Itu sebabnya foto dengan kualitas dan angle yang menarik juga akan memberikan kesan baik bagi yang melihat sehingga bikin orang tertarik untuk membeli. Coba bayangkan, kalau foto makanan terlihat gelap dan dari angle yang jauh. Kurang menarik, kan? 
Kuliner4
Photo Source:  bisnisUKM.com

Tanggap Melayani Konsumen

Hal ini juga merupakan yang terpenting. Setelah beri kesan yang baik untuk mereka, layani pula mereka dengan sangat tanggap dan ramah. Baik untuk sekedar bertanya ataupun membeli, gunakan kata-kata yang terkesan menenangkan dan ramah. Hal ini juga dapat membuat pelanggan jadi percaya terhadap brand kamu. 

Info Produk Makanan yang Jelas

Karena yang kamu gerakkan adalah penjualan makanan secara online, tentu saja kekurangannya adalah konsumen tidak bisa mencicipi terlebih dahulu makanan yang kamu jual. Nah salah satu caranya adalah dengan menjelaskan di website atau media sosial dengan jelas, sehingga konsumen dapat membayangkan sendiri gambaran jelas produkmu. Penggunaan bahasa untuk deskripsi produkmu juga harus diperhatikan, jangan terlalu kaku dan terkesan membosankan. Beri kesan sedikit persuasif tidak ada salahnya.

Selalu Berinovasi

Selalu Berinovasi5
Photo Source:  @foodnotebdg
Begitu banyaknya kreasi yang terus bermunculan dan jangan sampai kamu tertinggal jauh. Selalu lihat kebutuhan dan minat pasar supaya kamu tahu kreasi apa yang tepat untuk pembeli. Ingat sekali lagi, jangan terlalu  memaksakan sebuah inovasi kalau memang dirasa kurang cocok dengan selera pasar, karena pada akhirnya juga akan membuat konsumen jadi meninggalkanmu.