Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Mantra "Belum Lima Menit" Untuk Makanan yang Sudah Jatuh itu Salah!

PitacilyPitacily
Mantra "Belum Lima Menit" Untuk Makanan yang Sudah Jatuh itu Salah!1
keepo
"Eh, jatuh! Hmm.. gak apa-apa deh, belum lima menit"
Belum Lima Menit2
Photo Source:  keepo
Pasti kamu sering mendengar bahkan mempraktekkan kalimat diatas. "Belum lima menit" bagaikan sebuah mantra yang bisa membuat makanan jatuh tidak akan tersentuh oleh kuman atau bakteri. Padahal, menurut penelitian dari Rutgers University di New Jersey, kuman atau bakteri hanya membutuhkan waktu kurang dari sedetik untuk berpindah ke satu tempat ke tempat yang lain. Contohnya ya, dari lantai berpindah ke makananmu yang jatuh.
Penelitian ini melibatkan beberapa makanan dan beberapa bahan-bahan lantai diantaranya adalah stainless steel, keramik, kayu, dan karpet. Dari semua jenis makanan yang dijatuhkan ke beberapa jenis lantai untuk dilakukan eksperimen dengan berbeda rentan waktu, ternyata semuanya memberikan hasil yang sama. Kuman atau bakteri hanya membutuhkan waktu kurang dari sedetik untuk langsung menempel dengan makanan yang dijatuhkan tersebut.
Belum Lima Menit3
Photo Source:  catatansandk
Tapi, makanan basah dan makanan kering memiliki perbedaan waktu jika terkontaminasi dengan kuman atau bakteri. Makanan basah seperti semangka atau roti selai akan lebih cepat terkontaminasi kuman atau bakteri daripada makanan kering seperti cookies atau roti tanpa selai. Walaupun keduanya tetap dihinggapi kuman atau bakteri dalam kurun waktu kurang dari sedetik.
Jenis permukaan lantai juga mempengaruhi jumlah kuman atau bakteri yang menghinggapi makananmu. Semua tergantung kehigienisan lantainya. Tapi walaupun begitu, sedikit apapun kuman atau bakteri yang menempel pada makananmu yang telah jatuh, tetap saja lebih baik membuangnya daripada memakannya.
Penelitian lain mengatakan bahwa 70% wanita dan 56% pria sering menggunakan mantra "belum lima menit" saat makanan mereka jatuh. Waduh, kok wanita lebih jorok ya?
Belum Lima Menit4
Photo Source:  intro
Intinya, Qravers, makanan yang sudah jatuh, tetap akan dihinggapi kuman atau bakteri. Mantra "belum lima menit" tidak akan pernah ampuh selama-lamanya. Jadi, lebih baik dibuang saja ya kalau sudah jatuh!