Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Makanan Zaman Dulu ini Tetap Sama Hingga Sekarang

Iqra RabikaIqra Rabika
Makanan Zaman Dulu ini Tetap Sama Hingga Sekarang1
Makanan Zaman Dulu ini Tetap Sama Hingga Sekarang
Selain soal rasa, bentuk dan penyajian makanan juga sering jadi pertimbangan. Itu juga alasan yang bikin beberapa menu diolah sedemikian rupa agar terlihat naik level dan jadi lebih kekinian. Tapi uniknya, ada juga makanan dari zaman dulu sampai sekarang namun tetap mempertahankan bentuk dan juga penyajiannya. 

Dendeng

Makanan Zaman Dulu ini Tetap Sama Hingga Sekarang2
Photo Source:  Makanan Spesial
Dendeng yang merupakan olahan daging yang diiris tipis dengan bumbu legit gurih ini ternyata sudah ada sejak tahun 901 Masehi, dan sudah disebutkan dalam Prasasti Taji. Dendeng hingga kini memang tidak memiliki banyak perubahan, baik dalam bentuk maupun penyajiannya. Tapi meski tampilannya begitu-begitu saja, menu ini tetap tak pernah sepi peminat. 

Lalapan

Makanan Zaman Dulu ini Tetap Sama Hingga Sekarang3
Photo Source:  Diaryhijaber.com
Sajian aneka sayuran kegemaran orang Sunda yang biasa dinikmati mentah atau direbus plus dipadukan dengan sambal ini ternyata sudah dikonsumsi sejak tahun 930 Masehi, dan penyajiannya juga tak jauh beda. 

Pecel

Makanan Zaman Dulu ini Tetap Sama Hingga Sekarang4
Photo Source:  wizamisasi.com
Dalam Kitab Ramayana, sajian pecel sering disebutkan sebagai hidangan yang berupa sayuran dan disiram dengan saus bumbu kacang. Wah, berarti sajian pecel hingga sekarang masih disajikan seperti zaman dahulu kala!

Kerupuk

Makanan Zaman Dulu ini Tetap Sama Hingga Sekarang5
Photo Source:  brillio
Siapa sih yang tidak suka makan pakai kerupuk? Hampir semua orang Indonesia itu gemar sekali makan dengan kerupuk. Dan ternyata, menu ini sudah ada di zaman kerajaan Kediri abad 12.

Rawon

Makanan Zaman Dulu ini Tetap Sama Hingga Sekarang6
Photo Source:  Rumah Keluarga Nawa - WordPress.com
Makanan berkuah hitam dengan daging sapi ini kini memang terkenal merupakan makanan khas dari daerah Jawa Timur. Tapi yang perlu kamu tahu, hidangan ini ternyata sudah ada sejak tahun 1800-an, dan tampilannya tidak banyak perubahan hingga sekarang.

Sagu

Makanan Zaman Dulu ini Tetap Sama Hingga Sekarang7
Photo Source:  Klikhotel
Ternyata, makanan pokok orang Indonesia zaman dulu itu bukan nasi, melainkan sagu. Sekarang, hanya beberapa saja yang masih menjadikan sagu sebagai makanan pokok mereka, contohnya Papua.

Ikan Asin

Makanan Zaman Dulu ini Tetap Sama Hingga Sekarang8
Photo Source:  tokopedia
Teknik pengawetan makanan dengan cara diasinkan memang merupakan teknik yang terbilang sudah lama, dan sampai saat ini banyak orang yang masih menikmati kelezatan sajian ikan asin. Dan ternyata menu ini sudah ada sejak tahun 1800-an, dan masih sama penyajiannya seperti yang ada saat ini.