Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Makanan yang Senasib dengan Fitsa (Hats)

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Makanan yang Senasib dengan Fitsa (Hats)1
detik.com
Viral tentang "Fitsa Hats" akhir-akhir ini sedang ramai diperbincangkan di media sosial. Bisa jadi penyebabnya karena salah ketik, salah informasi, atau bisa juga sebagai suatu hal yang disengaja. Tapi kalau mau menerka-nerka, "Fitsa Hats" yang tertera di dalam salah satu BAP itu sebenarnya merujuk pada salah satu restoran pizza terbesar yang ada di Indonesia. Hal ini bisa dimengerti, mengingat, "pizza" memang sudah seharusnya di baca "pētsə". Ada huruf "T" yang terselip di tengahnya. Itu yang pertama. Yang kedua, sudah menjadi hal lumrah juga kalau orang Indonesia sering salah dalam menyebutkan huruf "p", "v", ataupun "f". Namun jika dirunut lebih jauh lagi, sebenarnya, tak hanya pizza saja yang mengalami masalah salah pengucapan. Ada beberapa jenis makanan lain yang sering menjadi "korban" salah penyebutan, namun kemudian jadi hal yang lumrah di Indonesia. Contohnya beberapa makanan ini.

1. Nutella

Makanan yang Senasib dengan Fitsa (Hats)2
Photo Source:  HeSCA
Banyak orang yang suka dengan selai yang satu ini. Namun, tak banyak yang benar dalam mengucapkan merk ferasa asal Italia ini. Pasalnya, meski tertulis "Nutella", merk dagang yang satu ini harusnya diucapkan "nyu-tel-a".

2. Cognac

Makanan yang Senasib dengan Fitsa (Hats)3
Photo Source:  Online Bartending School
Begitu dengan Cognac. Secara tata bahasa Prancis --mengingat minuman ini berasal dari Prancis-- minuman ini seharusnya diucapkan dengan "khon-yack".

3. Lasagna

Makanan yang Senasib dengan Fitsa (Hats)4
Photo Source:  @the.lucky.belly
Banyak juga yang salah dalam mengucapkan saudara serumpun dari pizza ini. Karena, pengucapan yang benar dari makanan yang terbuat dari kulit lasagna yang terbuat dari terigu, lalu dicampur dengan susu, keju, dan daging ini adalah "lah-za-gna".

4. Pho

Makanan yang Senasib dengan Fitsa (Hats)5
Photo Source:  TheThings.com
Makanan yang sering salah ucap adalah, pho. Makanan seperti mie kuah asal Vietnam ini harusnya diucapkan dengan "fuh".  

5. Paella

Makanan yang Senasib dengan Fitsa (Hats)6
Photo Source:  Epicurious
Paella juga jadi salah satu makanan yang kerap menjadi korban salah sebut. Makanan asal Spanyol ini harunya diucapkan dengan sebutan "pa-e-yah".

6. Fajitas

Makanan yang Senasib dengan Fitsa (Hats)7
Photo Source:  Ocado
Fajitas adalah makanan yang berasal dari Meksiko. Namun, karena bahasa Meksiko yang sangat dipengaruhi oleh bahasa Spanyol, maka makanan yang satu ini harusnya diucapkan dengan ucapan "fa-hee-taz".

7. Espresso

Makanan yang Senasib dengan Fitsa (Hats)8
Photo Source:  Caffeine Informer
Nah, kalau jenis kopi yang satu ini sudah menjadi hal lazim di tengah masyarakat kita. Kopi pekat ala Italia ini harusnya diucapkan dengan "ess-press-oh", bukan "espresso".

8. Quinoa

Makanan yang Senasib dengan Fitsa (Hats)9
Photo Source:  Food.com
Quinoa adalah "korban' berikutnya. Makanan yang sangat bagus dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet ini seharusnya dibaca dengan ejaan "key-noah", bukan "qyu-noah".

9. Edamame

Makanan yang Senasib dengan Fitsa (Hats)10
Photo Source:  www.musclefood.com
Buat yang sangat suka dengan kuliner Tiongkok ataupun Japanese food, pasti sering menemui edamame. tapi tahukah kamu, kalau sayuran hijau yang satu ini harusnya dibaca "eh-da-ma-meh"?