Sign In

Search

Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Kamu Makan Saat Diare

January 11, 2017 18:32
Qraved Team
Pernah mengalami diare? Gangguan sistem pencernaan ini selalu bikin penderitanya tersiksa karena perut terasa melilit, mulas, dan buang air besar hingga berkali-kali dalam satu hari. Umumnya, oralit digunakan sebagai obat yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit diare. Namun, jangan sampai makanan yang kamu konsumsi malah dapat menyebabkan diaremu semakin parah misalkan kamu sembarang minum es teh manis setelah makan seperti yang sudah pernah di bahas di jurnal ini atau asal memanaskan makanan-makanan yang sebenarnya tidak boleh dipanaskan karena dapat menyebabkan diare. Yuk, lihat infografis di bawah ini tentang makanan yang boleh dan tidak boleh kamu konsumsi saat sedang diare. 
Diare
Photo source: Qraved Team
Salah satu makanan yang boleh kamu konsumsi saat sedang diare adalah buah-buahan. Tapi tidak semua jenis buah, lho. Buah yang paling baik dikonsumsi saat sedang diare adalah pisang dan apel. Pisang merupakan jenis buah-buahan yang lembut dan lunak ketika dikonsumsi sehingga dapat menenangkan sistem saluran pencernaan yang terganggu ketika proses pembentukan feses. Sedangkan buah apel merupakan jenis buah-buahan yang padat yang perlu dicerna lebih lanjut di dalam sistem pencernaan. Manfaat yang dimiliki oleh kandungan buah apel mampu mengurangi penyakit diare. Tapi, sebaiknya konsumsilah buah apel yang sudah diolah karena saat diare, usus di dalam tubuh terlalu lemah untuk menyerap buah apel dalam keadaan utuh dan segar.
Selanjutnya ada nasi. Nasi sebagai asupan karbohidrat sehari-hari ternyata dapat membantu proses terbentuknya feses di dalam usus serta memadatkannya. Tapi sebaliknya, nasi merah atau nasi hitam ternyata tidak baik dikonsumsi saat diare karena kandungan serat yang tinggi malah dapat memperburuk penyakit diaremu. Selain nasi, roti juga dapat kamu konsumsi sebagai sumber karbohidrat yang kurang lebih memiliki manfaat sama seperti nasi. Dan makanan terakhir yang boleh kamu konsumsi saat diare adalah yoghurt, karena mengandung probiotik alami yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menghambat perkembangan bakteri jahat di dalam sistem pencernaan. Tapi, berbeda lagi dengan susu. Susu malah menjadi salah satu makanan yang tidak boleh kamu konsumsi saat sedang diare karena kandungan laktosa yang terdapat pada susu dapat menyebabkan alergi berupa gejala diare itu sendiri.
Selain susu, ada juga kopi, makanan berlemak, minuman beralkohol, dan makanan yang mengandung pemanis buatan. Kopi menjadi salah satu pantangan saat diare karena kandungan kafein dapat menyebabkan kontraksi usus dan gangguan pencernaan lainnya. Sama halnya seperti mengonsumsi makanan berlemak. Sedangkan makanan yang mengandung pemanis buatan dapat membuat perut menjadi bergas dan kembung.
Nah, untuk kamu yang suka meminum minuman beralkohol sebaiknya dihindari dulu saat sedang diare karena dapat menyebabkan cairan yang keluar akan semakin banyak sehingga beresiko mengalami dehidrasi. Itu dia tadi masing-masing lima makanan yang boleh dan tidak boleh kamu konsumsi saat sedang diare. Semoga dapat membantu, ya!