Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Makanan Pembawa Keberuntungan Untuk Awali 2017

PitacilyPitacily
Makanan Pembawa Keberuntungan Untuk Mengawali Tahun 20171
LoveThisPic
Happy New Year, Qravers! Untuk mengawali tahun yang baik, cari tahu yuk tentang lima makanan di bawah ini yang (katanya) bisa membawa keberuntungan. Mungkin, banyak yang berpikir bahwa makanan tidak ada hubungannya dengan keberuntungan, tapi, di beberapa negara, lima makanan di bawah ini dipercaya dapat membawa hoki. Mau tahu?

Anggur

Makanan Pembawa Keberuntungan2
Photo Source:  indonesian.alibaba.com
Sejarah ini bermula saat Spanyol mengalami surplus anggur di tahun 1909. Tidak hanya masyarakat Spanyol, kepercayaan akan buah anggur sebagai pembawa hoki juga berlaku di Portugal, Venezuela, Kuba, Meksiko, Ekuador dan Peru. Cara memaknai keberuntungan adalah menyantap 12 butir anggur di jam 12 malam di awal tahun. Setiap butir anggur mewakili satu bulan dalam setahun. Misalkan ketika anggur ketiga yang dimakan rasanya asam, itu artinya kamu akan mengalami kesialan di bulan ketiga yaitu Maret. Tapi, ketika ke-12 buah anggur yang kamu makan memiliki rasa manis, itu artinya tahun ini akan menjadi tahunmu! Di Peru, jumlah anggur yang dimakan bukan 12 buah melainkan 13, dengan satu anggur terakhir sebagai "cadangan keberuntungan."

Sayuran Hijau

Makanan Pembawa Keberuntungan3
Photo Source:  Food Network Blog
Bagi orang-orang Jerman dan Amerika serikat, sayuran hijau dianggap bisa memberikan keberuntungan dan kebahagiaan. Bukan karena hanya alasan kesehatan saja melainkan warna hijau pun adalah simbol kekayaan. Semakin banyak sayuran hijau yang kamu konsumsi di malam tahun baru atau di awal-awal tahun baru, dipercaya bisa membuat rezeki dan kebahagiaan selama setahun ke depan akan lebih cerah.

Ikan

Makanan Pembawa Keberuntungan4
Photo Source:  https://www.tokopedia.com/51oshop/amanda-kippers-in-oil-daging-ikan-olahan-kaleng-herring-import
Beberapa negara memiliki tradisi memakan ikan sebagai pembawa keberuntungan di tahun baru, tetapi, jenis ikannya berbeda-beda di setiap negara. Di Italia, ikan kod yang diasinkan menjadi makanan wajib disantap di awal tahun. Di Polandia, acar ikan herring merupakan makanan yang dipercaya dapat membawa keberuntungan. Namun masyarakat Jerman tidak hanya percaya untuk mengonsumsi ikan carp, melainkan menyimpan sisik ikan tersebut di dalam dompet untuk keberuntungan. Beda lagi dengan masyarakat Jepang. Mereka percaya telur ikan herring sebagai simbol kesuburan dan ikan sarden kering untuk panen yang sukses.

Mie

Makanan Pembawa Keberuntungan5
Photo Source:  http://www.dailymoslem.com/food/inspirasi-resep-mie-panjang-umur-khas-imlek
Sementara di Cina dan Jepang, mie dianggap sebagai makanan pembawa keberuntungan. Tapi, mie ini bukan sekedar mie. Melainkan mie yang disajikan harus dalam keadaan panjang utuh dan tidak terpotong-potong. Itulah sebabnya mengapa masakan mie di Cina dan Jepang biasanya ditumis bukan direbus supaya mencegah mie agar tidak mudah patah.

Buah Delima

Makanan Pembawa Keberuntungan6
Photo Source:  MSelim3
Apa yang membuat masyarakat Turki percaya bahwa delima dapat membawa keberuntungan? Pertama adalah karena warna merah buah delima seperti warna jantung manusia yang melambangkan umur panjang. Alasan kedua karena nutrisinya sangat baik untuk kesehatan. Alasan ketiga adalah bijinya yang bulat dianggap sebagai simbol kemakmuran.
Kamu mau ikut kepercayaan yang mana, Qravers?
Makanan Pembawa Keberuntungan7
Photo Source:  http://bestanimations.com/Holidays/NewYear/NewYear.html