Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Makanan-Makanan Yang "Salah Nama"

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Makanan-Makanan Yang "Salah Nama"1
Kuliner123.com
Penamaan makanan biasanya diambil dari bahan baku yang digunakan ataupun metode yang dipakai untuk mengolahnya. Misalnya saja, Nasi Goreng, juga Mie Ayam. Tapi pada kenyataannya, ada juga makanan yang dinamakan tidak sesuai dengan penyajiannya. Tapi berhubung sudah telanjur melekat di ingatan masyarakat, ujung-ujungnya dianggap lumrah. 

1. Roti Bakar

Makanan-Makanan Yang "Salah Nama"2
Photo Source:  @kornelius_david
Yang namanya Roti Bakar, mestinya sebelum disajikan roti ini dibakar terlebih dahulu. Tapi dalam praktiknya, ternyata menu ini hanya dipanggang dengan alat khusus. Rasanya jarang, atau malah tidak ada roti bakar yang benar-benar dibakar dengan api sedang dan juga arang.  

2. Indomie Goreng

Makanan-Makanan Yang "Salah Nama"3
Photo Source:  Titiw
Coba perhatikan, kalau kamu pesan Indomie Goreng, apakah mie-nya benar-benar digoreng? Nyatanya, mie-nya hanya sebatas direbus, lalu ditiriskan, kemudian dicampur dengan aneka bumbu pelengkapnya. 

3. Es Goreng

Makanan-Makanan Yang "Salah Nama"4
Photo Source:  Sorotjogja
Buat kamu yang pernah tinggal di Yogyakarta, mungkin jajanan khas ini sudah biasa kamu nikmati. Tapi, apakah Es Goreng ini benar-benar melewati proses pengorengan? Ternyata tidak. Dalam proses pembuatannya, es tersebut hanya dicelupkan pada cokelat cair yang kemudian ikut membeku melapisi es-nya. 

4. Pecel Lele

Makanan-Makanan Yang "Salah Nama"5
Photo Source:  Gastronomi Perikanan
Pun begitu dengan Pecel Lele. Secara harfiah, yang namanya pecel adalah suatu makanan yang menggunakan bumbu kacang sebagai sausnya. Pada praktiknya yang namanya pecel lele adalah olahan lele yang disajikan dengan tambahan sambal. Baik sambal mentah ataupun sambal tomat. Tak pernah ada sambal kacangnya.

5. Gado-gado

Makanan-Makanan Yang "Salah Nama"6
Photo Source:  Kuliner123.com
Dalam terminologi Jawa, kata "gado" adalah sebuah proses memakan sajian dengan bahan yang belum diolah alias mentah. Sementara yang terjadi pada masakan Gado-Gado, menu ini tidak menggunakan sayuran mentah, melainkan sudah direbus dahulu plus ditambah tempe goreng, juga telur rebus. Sedangkan menu dengan bumbu mirip Gado-Gado yang menggunakan bahan mentah punya sebutan lain, yaitu Karedok.