Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Makan Mie, tapi Tetep Sehat? Ini Caranya!

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Makan Mie, tapi Tetep Sehat? Ini Caranya!1
food.detik
Mie itu idola banget. Entah itu namanya ramen, bakmi, mie bihun, spagetti, atau apapun itu, makanan yang satu ini tetap jadi favorit.

Yang kemudian jadi masalah adalah, mie itu ada bahan pengawetnya dan juga banyak lemaknya. Jadi, dianggap tak sehat, dan banyak orang menghindarinya.

Sebenarnya, ada cara lain makan mie dengan sehat. Ga akan sesehat makan sayuran, memang. Tapi, kita bisa memperkecil efek jahat dari lemak ataupun bahan pengawet yang ada di mie.

1. Perbanyak Sayur

Makan Mie, tapi Tetep Sehat? Ini Caranya!2
Photo Source:  food.detik.com
Sebisa mungkin, kalo makan mie, kamu minta untu banyakin sayurnya. Soalnya, sayur itu kaya akan serat. Jadi bisa bikin cepet kenyang dan juga rendah kalori.

Atau, kalo kamu emang ga suka daun-daunan hijau yang biasanya ada di olahan mie, kamu bisa ngakalin dengan cara memperbanyak daun bawang ataupun taugenya. Jadi, nutrisi yang akan masuk ke perut akan jadi lebih seimbang.

2. Pisahin Lemak

Makan Mie, tapi Tetep Sehat? Ini Caranya!3
Photo Source: 
Kalo mie yang akan kamu makan ada topping ayamnya, sebisa mungkin kamu harus pisahin dulu lemak dan juga daging ayamnya. Emang aga ribet, emang. Tapi cara ini bisa mengurangi kadar lemak yang masuk ke tubuhmu.

3. Makan dengan Sesulit Mungkin

Makan Mie, tapi Tetep Sehat? Ini Caranya!4
Photo Source:  www.twincities.com
Loh, kok di suruh makan dengan cara yang sulit? Karena dengan mengurangi intensitas mie masuk ke dalam tubuh, itu berarti kita lagi ngasih waktu tubuh kita untuk melakukan singkronisasi antara perut dan otak.

Artinya begini, kalo kamu kesulitan makan mie pakai sendok, kamu harus makan pakai sendok. Tapi, kalo kamu kesulitan pas makan mie pakai sumpit, mending kamu pakai sumpit aja.

Trik ini dimaksutkan untuk membuat efek kenyang sejak dalam pikiran saat makan mie. Soalnya, kalo otak kita sudah terprogram untuk merasakan kenyang, berarti kita bisa mengurangi konsumsi mie yang masuk ke dalam tubuh. Itu artinya, kita akan bisa mengurangi prosentase masuknya zat-zat jahat yang terkandung dalam mie masuk ke dalam tubuh.

4. Kunyah dengan Pelan

Makan Mie, tapi Tetep Sehat? Ini Caranya!5
Photo Source:  thetanjungpuratimes.com
Hindari makan mie dengan semangat menggebu. Karena, kalo kita menggebu-gebu, perut dan tubuh kita akan kaget. Selain itu, kalo mie kamu makan dengan cepat, nantinya akan melar di perut dan bikin gendut.

5. Jangan Minum Minuman Manis

Makan Mie, tapi Tetep Sehat? Ini Caranya!6
Photo Source:  tergila.com
Ada baiknya, setelah makan mie, kamu jangan minum minuman yang manis. Karena, akan menambah kadar gula dalam tubuh kita. Yang artinya, akan membuat kita cepet gendut juga.

Jadi, kalo habis makan mie, kamu minum teh tawar aja. Terus cari mbak-mbak manis terdekat. Atau kalo emang ga ada mbak-mbak manis, kamu habis makan buka Instagram Raisa atau Dian Sastro aja.