Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Kurangi Santap 9 Makanan Ini Biar Mata Melek Terus!

Karina MarpaungKarina Marpaung
Kurangi Santap 9 Makanan Ini Biar Mata Melek Terus! 1
thrivemags
Kantuk bisa datang akibat berbagai alasan. Tentu saja, alasan yang paling sering mendatangkan rasa kantuk adalah kurangnya waktu tidur. Namun, sadarkah kamu bahwa rasa kantuk juga bisa disebabkan oleh makanan yang kamu santap setiap hari? Biar mata terus segar dan melek terus, kurangi santap 9 makanan ini! 

Almond

Kurangi Santap 9 Makanan Ini Biar Mata Melek Terus! 2
Photo Source:  lalainex
Kacang almond memang dapat menjadi camilan yang baik kala berdiet, namun ketika disantap berlebihan, almond justru dapat membuat tubuh terserang kantuk hebat. Hal itu dapat terjadi karena almond mengandung triptopfan, yakni asam amino yang memproduksi "hormon tidur". Selain itu, almond juga mengandung magnesium yang membuat otot terasa rileks sehingga menciptakan sensasi mengantuk.

Walnut

Kurangi Santap 9 Makanan Ini Biar Mata Melek Terus! 3
Photo Source:  trcarloponti
Jenis kacang lain yang juga bisa membuat tubuh dirundung rasa kantuk adalah walnut. Menyantap walnut terbukti dapat meningkatkan melatonin dalam darah yang akhirnya menciptakan rasa kantuk.  

Biji Labu

Kurangi Santap 9 Makanan Ini Biar Mata Melek Terus! 4
Photo Source:  lostesdefran
Tak disangka, biji labu atau pumpkin seeds juga bisa membuat rasa kantuk datang melanda. Kandungan triptofan, zinc, dan magnesium dalam pumpkin seed akan memberi sensasi menenangkan yang sanggup membuatmu tertidur pulas.  

Nasi Putih

Kurangi Santap 9 Makanan Ini Biar Mata Melek Terus! 5
Photo Source:  jgcrudo
Terbiasa menyantap nasi putih dalam kuantitas besar? Cobalah untuk mengurangi kebiasaan tersebut sebab nasi putih memiliki indeks glikemik tinggi yang dapat memicu munculnya rasa kantuk setelah makan.

Buah Ceri

Kurangi Santap 9 Makanan Ini Biar Mata Melek Terus! 6
Photo Source:  thrivemags
Buah ceri ternyata menyimpan sekumpulan melatonin yang dapat membuatmu lekas mengantuk. Biarpun telah disulap menjadi kue atau jus, kadar melatonin yang terkandung di dalam ceri tak akan "jera" untuk "membiusmu".  

Pisang

Kurangi Santap 9 Makanan Ini Biar Mata Melek Terus! 7
Photo Source:  peangfun
Pisang bisa jadi cukup mengenyangkan perut, akan tetapi bila disantap dalam jumlah berlebih, justru akan menyebabkan tubuh cepat mengantuk. Pasalnya, pisang mengandung gula, potasium, dan magnesium yang membuka jalan bagi triptofan untuk "merasuk" dalam otakmu dan membuatmu mengantuk.

Keju

Kurangi Santap 9 Makanan Ini Biar Mata Melek Terus! 8
Photo Source:  la_taverna_del_forn
Gemar menyantap makanan kekinian yang menyertakan keju? Ternyata, keju, terutama yang termasuk dalam kategori hard cheese, seperti parmesan dan cheddar, memiliki kadar kalsium tinggi yang dapat menjadi pencetus rasa kantuk.  

Ikan

Kurangi Santap 9 Makanan Ini Biar Mata Melek Terus! 9
Photo Source:  franciahencke
Jenis ikan yang mengandung banyak minyak, seperti salmon dan tuna, akan menjelma menjadi "obat tidur" ketika kamu santap secara berlebihan. Kandungan asam dalam ikan-ikan tersebut dapat menurunkan tingkat stres sehingga membuatmu ingin buru-buru terlelap di atas ranjang.

Teh chamomile

Kurangi Santap 9 Makanan Ini Biar Mata Melek Terus! 10
Photo Source:  savich_yana
Teh chamomile mengandung glisin, yaitu asam amino yang dapat melemaskan sistem saraf dan otot. Jadi, jangan salahkan teh chamomile jika meminumnya justru membuatmu merasa relaks dan mengantuk.