Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Kenapa Sering Ngantuk Setelah Makan Siang?

PitacilyPitacily
Kenapa Sering Ngantuk Setelah Makan Siang?1
https://karyajari.wordpress.com/2013/12/07/biar-gak-ngantuk-setelah-makan/
Jam makan siang kerap dimanfaatkan sebagian besar orang untuk menyantap makanan agar bisa kembali berenergi saat beraktivitas. Tapi, coba diingat-ingat, seberapa sering kamu merasa mengantuk setelah makan siang? Tentu itu juga akan berpengaruh pada produktivitasmu dalam bekerja.
Mengutip dari halosehat.com, setelah kita selesai makan, tubuh akan menghasilkan berbagai jenis enzim untuk menghancurkan bahan makanan. Kemudian proses ini juga akan membuat kadar gula di dalam darah meningkat drastis. Akibatnya, pankreas akan melepaskan insulin ke darah secara langsung. Insulin inilah yang akan meningkatkan kadar melatonin dan serotonin di dalam otak dan kemudian memicu rasa mengantuk. Yuk, lihat apa aja faktor pemicu rasa ngantuk setelah makan di siang hari. 
Makan Siang Menyebabkan Rasa Ngantuk2
Photo Source:  http://avibo.blogspot.co.id/2009/01/why-do-you-feel-sleepy-after-eating.html
Salah satu faktor yang dapat menyebabkan rasa ngantuk setelah makan siang adalah mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi karena tubuh membutuhkan tenaga yang sangat besar untuk memecah komponen karbohidrat yang kemudian diserap oleh sel-sel di dalam tubuh. Ketika tubuh berkerja terlalu besar, hal itu dapat menyebabkan tubuh kelelahan dan mengantuk. Selain makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, makanan yang mengandung lemak tinggi juga dapat menyebabkan respon mengantuk untuk tubuh. Hal ini disebabkan karena makanan berlemak mempengaruhi sistem kerja hormon dalam tubuh serta menyebabkan efek saraf yang spontan. Tidak hanya itu, alergi pada makanan bisa menyebabkan rasa ngantuk apabila kita mengonsumsinya saat makan siang. Alergi mendorong tubuh untuk melakukan proses pencernaan dengan berat. Akibatnya, tubuh merasa lelah kemudian reaksi otak akan membuat tubuh mengantuk. Faktor terakhir dan faktor yang paling umum adalah ketika kita makan siang dengan jumlah yang terlalu berlebihan. Ketika mengonsumsi makanan terlalu banyak, proses pencernaannya dapat memicu tubuh membutuhkan insulin dalam jumlah yang sangat besar, sementara pankreas tidak bisa memenuhinya. Hal itulah yang membuat tubuh akan memberikan reaksi mengantuk untuk bisa mengolah semua makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh.
Nah, setelah tahu apa penyebab mengantuk sehabis makan siang, kamu bisa menghindarinya dengan memilih makanan yang tepat. Hindari yang mengandung karbohidrat dan lemak tinggi, dan pasti jangan makan kekenyangan, ya!