Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Kenapa Madu Bisa Mengkristal?

Iqra RabikaIqra Rabika
Kenapa Madu Bisa Mengkristal?1
honeylane.id
Manfaat baik madu untuk kesehatan memang sudah diketahui sejak lama. Dari sekian banyak jenis madu yang hadir di pasaran, banyak orang yang mungkin kurang familiar dengan madu yang mengkristal. Untuk lebih mengenal jenis madu ini, coba perhatikan, apakah kamu pernah menemukan madumu mengkristal dengan warnanya yang memutih?
Kenapa Madu Bisa Mengkristal?2
Photo Source:  honeylane.id
Proses kristalisasi madu itu terjadi secara alami karena konsentrasi gula yang tinggi, yaitu 70% gula dan 20% air dan menjadikan madu menjadi tidak stabil. Terdapat dua kandungan gula dalam madu, yaitu glukosa dan juga fruktosa. Nah, yang menyebabkan kristalisasi ini adalah glukosa karena ia memiliki tingkat kelarutan di dalam air yang lebih rendah dibandingkan dengan fruktosa.
Selain itu, proses kristalisasi madu juga dipengaruhi dengan adanya kristal polen, propolis dan serpihan lilin lebah. Madu yang tidak dipanaskan dan tidak disaring mengandung sedikit lilin lebah, polen dan propolis, sehingga akan lebih cepat mengkristal. Proses kristalisasi ini sama sekali tidak menurunkan kualitas dari madu, melainkan hanya mengubah tekstur dan juga warnanya. Bahkan, kristalisasi ini juga dapat menjadi tolak ukur jika madu tersebut berkualitas tinggi.
Kenapa Madu Bisa Mengkristal?3
Photo Source:  honeylane.id
Salah satu produsen artisan honey bernama Honey Lane, memanfaatkan proses kristalisasi pada madu untuk memproduksi madu spreadable yang memiliki tekstur lembut. Madu yang dibuat berteksur seperti selai ini disebut whipped honey. Whipped honey ini dapat digunakan sebagai teman makan roti ataupun topping ice cream, pancake, dan lainnya. Honey Lane memiliki berbagai varian Whipped Honey, mulai dari rasa original sampai rasa ginger yang diproses secara natural dan berkualitas tinggi. Tidak hanya Whipped honey, mereka juga memiliki beragam varian madu yang harus kamu coba.
Jika penasaran, langsung saja cek ig mereka di @honeylaneid atau bisa contact mereka di 0813-8052-3976. Nah, untuk kamu yang suka main ke Plaza Senayan, produk mereka juga tersedia di Co Lab space yang ada di Lg floor.