Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Karena Minum Bir Itu Baik

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Karena Minum Bir Itu Baik - Main Photo
www.lasvegashappyhour.net
Bagi bangsa Indonesia, bir itu fakta, yang mencoba dikaburkan. Ia ada, tapi mencoba ditutup-tutupi atau malah dipandang sebelah mata. Cukup beralasan juga, memang. Karena, bagi bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai ke-timur-an, bir tentu saja merupakan barang asing. Apalagi, minuman yang satu itu juga mengandung alkhohol. Sebuah unsur yang paling bertentangan dengan norma dan agama di Indonesia. Namun, jika kita telisik lebih jauh, sebenarnya bir juga punya banyak manfaat. Asal --dan hal ini harus digarisbawahi-- mengkonsumsinya dengan wajar dan bertanggung jawab.

1. Kaya Akan Silikon

Karena Minum Bir Itu Baik2
Photo Source:  www.chattygourmet.com
Bir itu kaya akan zat yang bernama silikon. Salah satu zat yang memang dibutuhkan  untuk memperkuat dan juga meningkatkan kepadatan tulang. Sehingga bisa mencegah terjadinya osteophorosis. Karenanya tak heran, jika orang yang mengkonsumsi bir dengan wajar dan juga dibarengi dengan rajin jalan kaki, tulangnya kuat.

2. Anti Kanker

Karena Minum Bir Itu Baik3
Photo Source:  landofskybeerwaters.com
Bir juga bisa berfungsi sebagai anti kanker. Karena bir punya kandungan senyawa Xanthohumol yang mampu menghambat sitokrom P450. Selain itu, bir juga bisa memicu aktivitas reduktase kuinon yang mampu membantu tubuh kita untuk menetralkan kanker.

3. Menambah Kekebalan Tubuh

Karena Minum Bir Itu Baik4
Photo Source:  www.lasvegashappyhour.net
Menurut studi Common Cold di Salisbury, meminum bir ternyata juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Menurut studi tersebut, orang yang sering meminum bir akan lebih kuat terhadap serangan penyakit influenza. Hal ini kemungkinan disebabkan karena penggunaan gandum sebagai bahan dasar pembuatan bir yang juga berfungsi sebagi antioksidan.

4. Membantu Kerja Ginjal

Karena Minum Bir Itu Baik5
Photo Source:  www.sheknows.com
Dalam studi lain menyebutkan, kalo bir ternyata juga mampu membantu kerja ginjal. Karena dengan minum bir, pencernaan kita dipicu untuk bekerja. Itu sebabnya kalo kita minum bir, biasanya kita sering ingin buang air kecil. Dan dengan begitu akan mengurangi resiko terkena penyakit batu ginjal.

5. Kaya Akan Vitamin B

Karena Minum Bir Itu Baik6
Photo Source:  wearebrewstuds.com/
Bir adalah sumber vitamin B. Karena bir mengandung folat, niacin, asam pantotenat, riboflavi, dan juga vitamin B12. Selain itu vitamin B6 juga ada dalam bir, vitamin B6 itulah yang kemudian bisa membantu tubuh kita untuk menjaga kesehatan jantung karena dapat menurunkan kadar homosistein yang sering menyebabkan pembekuan darah.   Karenanya, bir itu sebenarnya baik jika dikonsumsi dalam batas wajar.