Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Kamu Wajib Tahu Investigasi Makanan yang Mencengangkan Ini!

Chandra WijayaChandra Wijaya
Kamu Wajib Tahu Investigasi Makanan yang Bikin Mencengangkan Ini!1
@mydailyfoodjournal_
Jaman sekarang, jujur itu memang mahal harganya! Kecurangan pun jadi hal yang amat mudah dilakuin para penjual makanan demi keuntungan diri belaka. Pasalnya, mereka hanya berpikir untuk dapat menekan biaya, tapi tetap bisa mendapat keuntungan yang lumayan besar. Yang lebih menyedihkan adalah mereka nggak berpikir betapa besarnya tingkat bahaya tersebut. Masih banyak lagi sebenarnya hasil makanan gelap yang bisa kita temuin di jalanan. Kali ini, Qraved mau kasih info 6 makanan dulu buat kamu lebih berhati-hati. Ini dia ulasannya!

Gorengan Plastik?

Gorengan2
Photo Source:  @mydailyfoodjournal_
Dimulai dari makanan yang sebenarnya udah banyak yang paham tentang bahaya dibalik pembuatan. Yup, gorengan! Berita tentang penggunaaan bahan tidak layak untuk membuat gorengan emang udah banyak diinfokan di mana-mana. Tapi saking enaknya cemilan ini, kekuatan "bodo amat!" jadi begitu kuat di pikiran! 
Qraved mau info-in sekali lagi nih, dimulai dari minyak gorengnya aja udah nggak sehat, yaitu menggunakan minyak goreng yang sudah hitam pekat karena nggak pernah diganti. Berikutnya, adanya penggunaan plastik yang digoreng bersama makanannya. Tujuannya udah jelas, supaya hasilnya makin renyah dan nggak mudah melempem. Nggak usah jauh-jauh dulu deh mikir bahayanya, dilihat dari logikanya aja, selama ini kita makan plastik?!

Kue Cubit Pewarna Tekstil

Kue Cubit Pewarna Tekstil3
Photo Source:  Sajian Nusantara
Saking tingginya minat orang Indonesia sama kudapan tradisional ini, ternyata kue cubit pun ada yang menggunakan proses gelap di belakangnya. Kalau kamu biasa melihat abang-abang dengan tampilan gerobak yang tidak memungkinkan, nggak ada salahnya sedikt curiga. Beberapa video ternyata banyak yang menampilkan para penjual yang mencampurkan pewarna tekstil dengan adonan. Semua itu dilakukan cuma untuk meminimalisir biaya modal. Luar biasa, coba bayangin, kalau yang makan setengah matang bakal gimana tuh?

Ayam Berbumbu Obat Kompres Luka

Ayam Berbumbu Obat Kompres Luka4
Photo Source:  Resep Masak Terbaru
Kalau dengar berita ayam tiren, mungkin udah biasa. Tapi tahukah kamu, ayam ini dicampur dengan obat kompres luka bersamaan pula dengan bumbu kuningnya. Hebat ya orang Indonesia! Yuk mulai kini sedikit hati-hati kalau lihat ayam ungkep yang akan digunakan untuk menggoreng ayam. Gunanya obat kompres luka ini adalah untuk memberi warna kuning serta membuat daging jadi makin empuk. Oh iya, plus kandungan boraks juga ada! Mulai sekarang coba lebih perhatikan baunya yuk, kalau lebih terasa aroma rempah-rempah, itu artinya ayam yang asli. 

Sosis dan Nugget Celeng!

Sosis dan Nugget Celeng!5
Photo Source:  Inilahbali
Iya, kamu pasti kaget tahu ini. Biasanya yang kita ketahui tentang penggunaan daging yang tidak baik itu adalah daging tikus, daging anjing, dan lain-lain. Kali ini, bahkan ada yang menggunakan daging celeng, atau biasa dikenal babi hutan! Selain keharamannya, tingkat kebersihannya juga sangat dipertanyakan. Lebih keterlaluan lagi, daging itu untuk membuat sosis ataupun nugget. Iya, lagi dan lagi, untuk menekan biaya modal. Hmmm.

Di Balik Kenyalnya Lontong

Lontong6
Photo Source:  JAKNEWS
Makan sate, ketoprak, atau gado-gado emang nggak lengkap kalau tanpa lontong. Makanan ini emang tetap nikmat dijadikan sebagai pengganti nasi. Tapi, ada aja yang membuat makanan ini jadi tidak layak makan oleh si produsen-produsen gelap. Supaya bentuk lontong tetap padat dan juga tahan lama, mereka memberikan boraks saat memasak lontong. Banyak dari kamu juga paham kan bahaya borak, yaitu dapat memicu kanker dan juga merusak hati. 

Kerupuk dari Kulit Jaket dan Sepatu!

Kerupuk7
Photo Source:  @kulinerlampung
Tahukah kamu, kerupuk kulit juga banyak tersedia versi gelapnya. Jaman sekarang memang susah mencari yang asli. Gimana nggak, kali ini kerupuk kulit pun dibuat curang! Banyak produsen nakal menyajikan kerupuk kulit dari hasil limbah sepatu dan jaket. Beberapa juga mengatakan hasil kulit sepatu. Coba bayangin, makan kain, tapi rasanya garing!