Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Kalau Biji Salak VS Kolak Pisang, Enakan Mana?

Chandra WijayaChandra Wijaya
Kalau Biji Salak VS Kolak Pisang, Enakan Mana? - Main Photo
Kalau Biji Salak VS Kolak Pisang, Enakan Mana?
Bulan puasa masih di depan mata, tapi rasanya udah nggak sabar aja pengen santap aneka makanan takjil yang manis dan enak. Tapi, kalau bicara soal takjil, kira-kira apa yang terlintas pertama kali di pikiran? Pasti kalau bukan Biji Salak, ya Kolak Pisang. Kedua makanan takjil ini merupakan makanan yang paling diincar semua orang saat buka puasa, berkat sensasi memakannya yang bikin nikmat serta rasanya yang bersahabat di lidah. Pertanyaannya, gimana jadinya kalau keduanya diadu? Kamu pilih yang mana?

Nah, kalau susah menjawabnya, Qraved kasih tahu lagi nih beberapa kreasi yang bikin sensasi baru lagi saat memakannya. Siap-siap ngiler ya!

Biji Salak

 - @m27y
Photo Source: @m27y
Biasa juga disebut candil, makanan ini terbuat dari hasil perpaduan ketan, gula merah, dan santan yang digumpal menjadi ulat-bulat kecil. Nah berkat cita rasanya yang nikmat dari adonan biji salak yang empuk, lalu disiram sama kuah santan dan gula yang berpadu dengan sempurna. Selain itu, nggak jarang juga orang yang mencampurnya dengan bubur sumsum. Nyam!

Biji Salak Ungu

 - qudapan
Photo Source: qudapan
Selain berwarna cokelat, ada juga yang mulai banyak mengkreasikannya hingga berwarna ungu. Tenang, bisa menjadi warna ungu ini bukan karena dikasih bahan pewarna, melainkan terbuat dari ubi ungu yang dikukus. Tampilannya aja udah seger dan menggoda banget!

Biji Salak Pelangi

 - majalahkartini
Photo Source: majalahkartini
Jangan salah, takjil biji salak juga bisa dimacem-macemin jadi warna-warni, nggak cuma rainbow cake atau jenis lainnya. Memang iya, bedanya dengan biji salak lainnya adalah cuma di pewarnaan aja. Tapi coba dilihat lagi, segala jenis makanan manis yang berbentuk bulat rasanya jadi semakin enak dilihat.

VS

Kolak Pisang

 - maksindo
Photo Source: maksindo
Seperti yang kita ketahui, kolak adalah kudapan berkuah manis yang memiliki rasa segar. Berkat kuahnya yang membuat kolak ini makin nikmat, ada banyak lagi jenis kolak yang dibuat. Salah satunya kolak pisang. Kuah santan yang kental dan gurih, dinikmati bareng pisang yang lembut, nggak heran kenapa makanan ini sukses jadi incaran semua orang untuk buka puasa.

Kolak Pisang Kolang Kaling

 - resephariini
Photo Source: resephariini
Ketika pisang dan kolang-kaling bertemu, ternyata jadi makanan dessert yang super nikmat. Rasa manis dari buah pisang dan kuah santan yang kental, ditambah lagi sama kenyalnya kolang-kaling bikin sensasi tersendiri buat makan takjil.



Kolak Pisang Sagu Mutiara

 - majalah-holiday
Photo Source: majalah-holiday
Nah, kalau bosan makan kolak pisang terus-terusan, ganti sedikit makanan mu. Misalnya dengan Kolak Pisang Sagu Mutiara ini. Cara pembuatannya sama aja dengan kolak pada umumnya, namun bedanya hanya ditambahkan sama sagu mutiara dan dimasak bersamaan. Wajib banget buat dicoba pas buka puasa nanti nih!