Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Kabar Gembira Buat Para Penggila Pedas Sejati

Karina MarpaungKarina Marpaung
Kabar Gembira Buat Para Penggila Pedas Sejati1
@baksokuyplg
Makanan pedas lebih sering dikaitkan dengan efek negatif. Perut mulas, sakit lambung, dan masih banyak lagi. Tapi tenang, ada kabar gembira buat penggila menu pedas sejati. Bila tak disantap berlebihan dan dengan tingkat kepedasan yang lazim, makanan pedas ternyata bisa membawa manfaat baik bagi tubuh. Berikut adalah ulasan mengenai keuntungan yang bisa kamu dapatkan lewat konsumsi makanan pedas.  

Meningkatkan imunitas

Kabar Gembira Buat Para Penggila Pedas Sejati2
Photo Source:  healthycampbell.org
Makanan pedas ternyata memiliki kandungan vitamin A dan C yang dapat memperkuat imunitas. Selain itu, sensasi panas dari cabai juga memiliki kandungan antibakteri yang mampu membunuh bakteri jahat di dalam usus.

Menekan Nafsu Makan

Kabar Gembira Buat Para Penggila Pedas Sejati3
Photo Source:  http://watchfit.com
Menurut beberapa penelitian, menjadikan makanan pedas sebagai menu pembuka dapat menurunkan asupan kalori secara keseluruhan. Hal ini berkaitan dengan rasa puas yang ditimbulkan saat mengonsumsi makanan pedas sehingga kamu pun dapat terhindar dari konsumsi makanan berlebih.  

Menurunkan Kolesterol

Kabar Gembira Buat Para Penggila Pedas Sejati4
Photo Source:  AliExpress
Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition, konsumsi cabai dapat membuat kadar kolesterol dalam tubuh menurun. Kapsaisin yang dikandung oleh cabai dinilai memiliki kemampuan untuk mengurangi penyerapan kolesterol.

Mengurangi Risiko Stroke & Jantung

Kabar Gembira Buat Para Penggila Pedas Sejati5
Photo Source:  huffingtonpost
Lagi-lagi kapsaisin yang dikandung oleh cabai memiliki manfaat baik untuk tubuh. Studi menemukan bahwa kapsaisin dapat mencegah peradangan dan penggumpalan darah sehingga mampu menurunkan resiko penyakit stroke dan serangan jantung.  

Melancarkan Pencernaan

Kabar Gembira Buat Para Penggila Pedas Sejati6
Photo Source:  http://www.naturallivingideas.com
Studi yang dirilis dalam Applied, Physiology, Nutrition and Metabolism Journal pada tahun 2010 membuktikan bahwa kapsaisin dalam cabai mampu memperbaiki fungsi enzim antioksidan dalam usus. Peningkatan fungsi enzim antioksidan tersebut dapat mendukung proses pencernaan menjadi lebih lancar.  

Melegakan hidung tersumbat

Kabar Gembira Buat Para Penggila Pedas Sejati7
Photo Source:  urgentway
Saat menyantap makanan pedas, tak jarang hidung akan terasa meler atau mengeluarkan lebih banyak lendir dari biasanya. Hal ini bisa menjadi cara paling mudah untuk melegakan hidung tersumbat saat sedang menderita penyakit flu.  

Mencegah kanker

Kabar Gembira Buat Para Penggila Pedas Sejati8
Photo Source:  novanggaputras
Inilah dampak baik paling fantastis dari konsumsi makanan pedas. Sebuah studi anti kanker membuktikan bahwa makanan pedas dapat mencegah kanker paru-paru. Studi lainnya pun turut membuktikan bahwa makanan pedas bisa menghambat pertumbuhan kanker prostat.

Resep Panjang Umur

Kabar Gembira Buat Para Penggila Pedas Sejati9
Photo Source:  drwolnik.com
Memang, hidup dan mati akan selalu menjadi rahasia Tuhan. Namun para peneliti dari University of Vermont menemukan fakta bahwa mengonsumsi makanan pedas dapat membuat manusia berumur lebih panjang. Studi yang dilakukan oleh Harvard University juga menemukan bahwa mengonsumsi makanan pedas, paling tidak tiga kali dalam seminggu, dapat memangkas angka kematian seseorang hingga 14%.

Meningkatkan gairah seksual

Kabar Gembira Buat Para Penggila Pedas Sejati10
Photo Source:  glamour
Tak disangka, makanan pedas dapat meningkatkan gairah seksual. Kandungan kapsaisin dalam cabai dipercaya dapat bertindak sebagai afrodisiak, yakni zat kimia yang mampu merangsang libido.