Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Jangan Tinggalkan Medan Tanpa Oleh-Oleh Ini!

Ganesha WandaGanesha Wanda
Medan1
Bolu Meranti
Mengunjungi Kota Medan tanpa mencicipi kuliner khasnya bisa dibilang rugi besar. Dan tidak hanya masakan tradisional, oleh-oleh dari kota yang terkenal dengan Istana Maiumun-nya juga menggiurkan wajib ditenteng untuk dibawa pulang. Buat kamu yang lagi di Medan dan mau mencari oleh-oleh khas, catat saja rekomendasi dari Qraved berikut ini!  

Bolu Gulung

Bolu Meranti Jangan Tinggalkan Medan Tanpa Oleh-Oleh Ini!2
Photo Source:  Kuliner Khas Medan
Salah satu oleh-oleh populer dari kota Medan yaitu kue bolu. Ada 2 jenis bolu homemade terkenal di Medan yang menjadi favorit banyak orang untuk dijadikan buah tangan, yaitu Bolu Meranti dan Bolu Medan Napoleon. Kedua-nya memiliki keunikan rasa dan tekstur. Pilih saja yang jadi cocok dengan lidahmu. 

Durian

Bolu Meranti Jangan Tinggalkan Medan Tanpa Oleh-Oleh Ini!3
Photo Source: 
Bakalan menyesal kalau ke Medan tanpa mencoba durian Medan yang terkenal lembut dengan cita rasa manisnya yang legit, dan harganya yang murah meriah. Penjual durian di kota ini banyak dijumpai di sejumlah tempat di pinggir jalan utama Medan. 

Pancake Durian

Bolu Meranti Jangan Tinggalkan Medan Tanpa Oleh-Oleh Ini!4
Photo Source:  Sedap Kuliner
Makanan olahan buah durian ini juga tak kalah digemari oleh banyak orang. Pancake durian terbuat dari daging durian yang di balut dengan menggunakan kulit crepes yang lembut. Kini pancake durian juga dihadirkan dengan beberapa varian rasa krim-nya, yaitu strawberry, cokelat, dan keju. Namun tetap tidak menghilangkan cita rasa durian-nya.

Bika Ambon

Bolu Meranti Jangan Tinggalkan Medan Tanpa Oleh-Oleh Ini!5
Photo Source:  Toko Mesin
Saat mendengar nama Bika Ambon, banyak orang akan mengira bahwa makanan yang satu ini berasal dari kota Ambon. Namun, kenyataannya Bika Ambon merupakan kue khas Medan yang populer! Kue basah yang satu ini memiliki ciri khas berwarna kuning dan berongga-rongga di dalamnya. Pada umumnya bika Ambon dijual dengan rasa pandan, namun kini bika ambon juga memiliki varian rasa lainnya, seperti durian, keju, dan cokelat. 

Kopi Sidikalang

Bolu Meranti Jangan Tinggalkan Medan Tanpa Oleh-Oleh Ini!6
Photo Source:  Kopi Sidikalang
Bagi kamu penikmat kopi jangan sampai ketinggalan untuk mencoba Kopi Sidikalang yang bahkan sudah terkenal sampai ke luar negeri karena kenikmatan cita rasanya! Kualitas biji kopi robusta yang dihasilkan di daerah Sidikalang memang memiliki fisik dan karakter rasa yang kuat, serta dikenal memiliki kadar kafein yang tinggi yaitu 70% - 80%.

Kacang Sihobuk

Bolu Meranti Jangan Tinggalkan Medan Tanpa Oleh-Oleh Ini!7
Photo Source:  Tokopedia
Kacang sihobuk yang berasal dari Desa Sihobuk, Tapanuli Utara ini terkenal dengan rasanya yang gurih dan manis. Teksturnya yang garing dan renyah bikin kamu nggak bisa berhenti mengunyah! Dalam proses pembuatannya, kacang Sihobuk dipilah dan diambil yang berkualitas kemudian di masak dengan menggunakan pasir yang membuatnya memiliki rasa yang khas. Kacang kemudian dikemas dan di jual dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 5ribuan hingga ratusan ribu rupiah.

Sirup Buah Markisa

Bolu Meranti Jangan Tinggalkan Medan Tanpa Oleh-Oleh Ini!8
Photo Source:  Pemko Medan
Sirup buah markisa yang asalnya dari Brastagi, ini punya kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi yang baik untuk tubuh. Di kota Medan, salah satu label sirup markisa yang terkenal  adalah sirup markisa Pohon Pinang. Harganya pun sangat bervariasi, mulai dari Rp 25ribu hingga Rp 30ribu. 

Teri Medan

Bolu Meranti Jangan Tinggalkan Medan Tanpa Oleh-Oleh Ini!9
Photo Source:  Klinik Umkm
Siapa sih yang nggak kenal dengan teri Medan yang lembut dan berwarna putih ini? Teri Medan biasanya ditawarkan dalam dua jenis, yaitu yang masih mentah ataupun yang telah matang dan dipadukan dengan kacang. 
Bolu Meranti Jangan Tinggalkan Medan Tanpa Oleh-Oleh Ini!10View All Photos
Photo Source:  Bolu Meranti
Buat yang cari bolu gulung, gerai ini bisa jadi destinasi pilihan. Tekstur bolu ini begitu lembut creamy dan rasanya yang legit membuat banyak orang rela mengantri demi mendapatkan bolu ini. Bolu Meranti tersedia dengan beberapa varian rasa, yaitu keju, cokelat, kacang, mocha, strawberry, nanas, hingga blueberry. Namun, favorit banyak orang yaitu bolu gulung cokelat keju-nya!
Medan Napoleon Jangan Tinggalkan Medan Tanpa Oleh-Oleh Ini!11View All Photos
Photo Source:  Medan Napoleon
Tempat lain untuk mencari bolu khas Medan yang kekinian ada di sini. Usaha bolu milik artis terkenal Irwansyah ini sedang digandrungi banyak orang bahkan katanya mesti antre dari Subuh. Bolu Medan Napeoleon ini merupakan kombinasi antara bolu gulung khas Medan dengan napoleon cake khas Perancis. Napoleon cake sendiri adalah kue yang terdiri atas tiga lapisan pastry yang memiliki tekstur crunchy. Yang kemudian menjadi Medan Napoleon setelah tiga lapisan pastry tersebut dibalut dengan bolu dengan beberapa varian topping. Bolu Medan Napoleon dihadirkan dengan 5 jenis rasa, yaitu durian, keju, greentea, banana, dan caramel.
Ucok Durian Jangan Tinggalkan Medan Tanpa Oleh-Oleh Ini!12View All Photos
Photo Source:  Durian Ucok
Ketika mendengar kata durian di Medan, pasti akan terbesit Ucok Durian. Meski selalu ramai dikunjungi pembeli, Ucok Durian tidak pernah kehabisan stok buah duriannya lho! Ucok Durian menjual buah-buah durian yang berkualitas, yang daging buah-nya lembut dan memiliki rasa manis yang membuat banyak orang ketagihan. Tak hanya buah durian-nya, ada pula olahan buah durian lainnya yang ditawarkan di sini, yaitu selai, ice cream, hingga pancake.