Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Jangan Sampai Keracunan Gara-Gara Memanaskan 6 Makanan Ini

Kevin IrwanKevin Irwan
Jangan Sampai Keracunan Gara-Gara Memanaskan 6 Makanan Ini1
Jangan Sampai Keracunan Gara-Gara Memanaskan 6 Makanan Ini
Bagi anak kost, ibu rumah tangga, atau sebagian orang kantoran yang sering masak atau bawa bekal, memanaskan makanan bisa dibilang sebuah hal yang wajar. Tujuannya nggak lain biar lebih lebih hemat dan juga supaya lebih nikmat saat disantap. Tapi ternyata, nggak semua makanan bisa dipanaskan, karena punya efek bahaya bagi tubuh. Makanan apa saja, ya? 

Ayam

Jangan Sampai Keracunan Gara-Gara Memanaskan 6 Makanan Ini2
Photo Source:  mykeledek
Saat dipanaskan, komposisi protein pada ayam akan berubah dan justru menjadi berbahaya ketika dipanaskan. Menurut penelitian yang dilakukan Pusat Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan, pemanasan akan membuat protein bahan terdenaturasi (termodifikasi) sehingga kemampuan mengikat airnya menurun. Otomatis kondisi seperti ini bisa mempengaruhi sistem pencernaanmu. Namun hal ini tidak terjadi jika kamu memanaskan ayam secara sempurna. Caranya, mulai dari bagian luar hingga bagian dalam ayam harus terkena panas.

Telur

Jangan Sampai Keracunan Gara-Gara Memanaskan 6 Makanan Ini3
Photo Source: 
Tingginya kandungan nutrisi dan juga vitamin  bikin telur jadi favorit banyak orang. Yang perlu diingat, pastikan untuk tidak memanaskan ulang telur yang sudah dimasak. Itu dikarenakan kuning telur yang telah matang justru bisa menghasilkan berbagai kandungan yang kurang baik bagi tubuh jika dipanaskan ulang.

Bayam

Jangan Sampai Keracunan Gara-Gara Memanaskan 6 Makanan Ini4
Photo Source:  keywordsuggest.org
Sayuran hijau yang satu ini ternyata juga berbahaya jika dipanaskan ulang. Menurut penelitian dari Eufic.Org (The European Food International Council), saat bayam dipanaskan, nitrat dapat berubah menjadi nitrit, lalu ke nitrosamin yang berbahaya bagi tubuh, termasuk memicu kanker. 

Jamur

Jangan Sampai Keracunan Gara-Gara Memanaskan 6 Makanan Ini5
Photo Source:  raja-makan
Sebagai alternatif protein selain daging, jamur memang banyak dimanfaatkan untuk olahan makanan.Tapi pastikan kamu mengonsumsi jamur yang baru matang, dan hindari mengkonsumsi jamur yang dipanaskan berulang-ulang. Kandungan protein protein pada jamur yang telah dipanaskan ulang akan berubah dan menyebabkan masalah pencernaan, selain itu kandungan gizinya juga akan berkurang.

Kentang

Jangan Sampai Keracunan Gara-Gara Memanaskan 6 Makanan Ini6
Photo Source:  diary of a mad girl
Alternatif karbohidrat selain nasi ini ternyata juga berbahaya jika dipanaskan ulang, terutama jika menggunakan microwave. Dari hasil penelitian yang dilaporkan oleh Badan Pengawas Makanan Nasional Swedia, pembentukan akrilamida selama proses pengolahan makanan akan terjadi pada kentang saat dipanaskan ulang dalam suhu tinggi. 

Nasi

Jangan Sampai Keracunan Gara-Gara Memanaskan 6 Makanan Ini7
Photo Source:  panduanhidupsehat
Begitupun dengan nasi, sumber karbohidrat paling favorit warga Indonesia. Nasi matang akan menghasilkan berbagai spora dan neurotoksin yang berbahaya ketika sudah dingin. Dan proses memanaskan nasi kembali menggunakan microwave atau cara lainnya tidak akan membunuh berbagai spora yang telah tumbuh tadi.