Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Istilah Makanan Jepang yang Harus Kamu Ketahui!

Iqra RabikaIqra Rabika
Istilah Makanan Jepang yang Harus Kamu Ketahui!1
Istilah Makanan Jepang yang Harus Kamu Ketahui!
Kamu pasti sering kan mendengar nama makanan Jepang yang aneh-aneh, mulai dari chawanmushi sampai yakimeshi dan bertanya-tanya makanan ini tuh bentuknya apa sih? Nah, Qraved bakalan memberi tahu kamu istilah makanan Jepang yang umum dan paling sering kamu temui di restoran yang menyediakan menu Jepang. 
istilah makanan jepang2
Photo Source: 

-Age

Masakan yang mengandung kata –age biasanya merupakan masakan yang digoreng dengan cara direndam minyak panas, atau deep fried. Makanan ini biasanya memiliki tekstur garing dan digoreng dengan menggunakan tepung, seperti misalnya karaage

Maki

Maki biasa ditemukan dalam varian sushi, karena maki dalam Bahasa Jepang yang memiliki arti menggulung. Contohnya adalah temaki sushi yang di buat dengan cara di gulung dengan tangan. 

Mushi

Mushi yang punya arti kukus ini memang dimasak dengan cara dikukus. Salah satu masakan yang paling popular dengan cara masak ini adalah Chawanmushi yang merupakan masakan telur yang dikukus.

Don

Kata yang diambil dari Donburi ini memiliki arti yaitu mangkuk, maka dari itu biasanya makanan yang mengandung kata Don ini disajikan dalam mangkuk. Salah satunya adalah Gyudon, menu yang berisi nasi dan juga irisan daging sapi di dalam mangkuk.

Shiru / Jiru

Kalau kamu suka dengan makanan berkuah, kamu bisa memilih makanan yang memiliki kata Shiru atau Jiru di buku menu. Kata ini menandakan bahwa makanan berupa sup. Kamu pasti sering kan melihat kata Miso shiru  yaitu sup miso ataupun Butajiru yang berarti sup babi.

Yaki

Banyak sekali masakan Jepang yang memiliki kata yaki di nama makanannya, contohnya saja yakisoba, yakimeshi, yakitori, takoyaki, sampai yang paling terkenal adalah teriyaki. Makanan dengan kata yaki ini berarti makanan digoreng atau dibakar dengan menggunakan alat masak teppanyaki yang merupakan penggorengan datar atau sejenis teflon.

Katsu

Masakan katsu mudah sekali untuk ditemui di Jepang, dan juga di seluruh dunia. Katsu yang berarti potongan daging yang digoreng dan diletakkan datar di atas nasi ini memang jadi menu yang praktis, makanya tidak heran banyak anak sekolah di Jepang yang doyan makan katsu. Contohnya adalah chicken katsu, dan juga katsu don.