Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Inilah Bahaya Minum Air Putih

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Bahaya MInum Air Putih1
web kesehatan
Semua orang juga tahu, kalo air putih itu punya banyak manfaat. Buat bantu menetralisir racun dalam tubuh lah, buat mengantarkan nutrisi ke sel-sel tubuh lah, ataupun untuk menjaga kelembaban jaringan yang ada pada tubuh. Ya, semua orang tahu belaka soal hal itu. Dan semua orang tahu belaka, bahwa air adalah salah satu zat yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Mengingat, sebagian besar tubuh kita tersusun dari air. Tapi, tahukah kamu kalo minum air putih secara berlebihan juga ga baik? Berikut alasannya kenapa terlalu banyak minum air putih juga tidak disarankan.

1. Merusak Komposisi Darah

Tapi, tahukah kamu kalo minum air putih secara berlebihan juga ga baik? Berikut alasannya kenapa terlalu banyak minum air putih juga tidak disarankan.2
Photo Source:  slideshare
Mengkonsumsi air tubuh secara berlebihan itu akan menyebabkan kekentalan darah menjadi berkurang. Dan jika kekentalan darah berkurang, dikhawatirkan akan mengganggu kinerja darah dalam tubuh.

2. Volume Darah Akan Naik

Bahaya MInum Air Putih3
Photo Source: 
Di sisi lain, ketika tubuh mendapat asupan air putih secara berlebihan, maka volume darah akan meningkat. Dengan demikian, darah bisa saja menganggu kinerja jantung dan sistem pembuluh darah.

3. Mengganggu kerja Ginjal

Bahaya MInum Air Putih4
Photo Source:  health advisor
Ginjal memang bertugas untuk menyaring cairan yang masuk ke dalam tubuh. Karenanya, ketika banyak air yang masuk ke dalam ginjal, maka organ tersebut dipaksa untuk bekerja esktra. Dan hal itu tentu ga bagus buat tubuh kita. Ya, sama halnya kalo kita kerja, tapi load kerjanya ga sesuai, maka apa yang kita kerjakan ga akan maksimal hasilnya. Kurang lebih seperti itu.

4. Rawan Hipontramia

Bahaya MInum Air Putih5
Photo Source:  Uniqpost.com
Meminum air putih terlalu banyak akan mengurangi kadar natrium dalam tubuh. Kondisi kekurangan natrium inilah yang dalam istilah medis disebut sebagai hiponatramia (kondisi abnormal dalam tubuh saat kekurangan natrium). Rendahnya kadar natrium dalam tubuh akan mengakibatkan volume darah menurun, namun di sisi lain, detak jantung malah semakin kencang.

5. Pembengkakan Sel

Bahaya MInum Air Putih6
Photo Source:  twitter
Ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh, kemudian bisa menyebabkan pembengkakan sel, karena sel-sel yang ada dalam tubuh dipaksa untuk bekerja secara ekstra. Dan jika pembekakan sel ini terjadi akan menyebabkan mual, distorsi mental, terlalu sering buang air kecil, kejang-kejang, bahkan sampai batang otak terganggu.

6. Keracunan Air

Bahaya MInum Air Putih7
Photo Source:  vemale
Agak aneh memang, kalo mendengar istilah keracunan air. Bagaimana mungkin, tubuh kita yang sebagian besar tersusun dari air, justru keracunan air. Tapi, memang begitulah adanya. Terlalu berlebihan meminum air putih bisa menyebabkan overhydration, suatu kondisi ketika fungsi otak terganggu karena elektrolit yang masuk ke dalam tubuh tidak seimbang.
Karena itulah, meski meminum air putih itu menyehatkan, tetapi meminum air putih secara berlebihan juga ga bagus bagi tubuh. Makanya, lebih baik, minumlah air putih secara wajar saya, ya, Guys.