Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Ini Dia Tata Cara Makan Sushi yang Benar!

Iqra RabikaIqra Rabika
Ini Dia Tata Cara Makan Sushi yang Benar!1
healthy holistic living
Masakan Jepang makin lama makin banyak aja nih di Jakarta, terutama restoran sushi. Mungkin banyak diantara kamu yang hobi makan sushi, pasti mudah banget kan menemukan restoran yang menyajikan sushi. Maka dari itu, Qraved disini bakalan memberi kamu informasi tentang tata cara makan sushi yang benar, biar nanti saat kamu makan sushi gak kagok.

Kenali Jenis Sushi yang Bakalan Kamu Pesan

Sebelum mulai makan sushi, yang paling penting adalah kamu sudah tau jenis sushi apa yang bakalan kamu pesan. Jenis sushi ada berbagai macam, tapi ada beberapa jenis sushi yang paliing sering ditemui di restoran sushi. Yuk kenalan dulu sama jenis sushi sebelum mengetahui cara makannya. 

Nigiri Sushi

Ini Dia Tata Cara Makan Sushi yang Benar!2
Photo Source:  carolinafishmarket
Yang pertama ada Nigiri Sushi nih, sushi ini merupakan yang paling umum dan pasti ada di setiap restoran sushi. Nigiri Sushi ini terdiri dari nasi (Shari) dan juga protein pelengkap (Neta) yang ditaruh diatasnya. Biasanya neta atau pelengkapnya ini merupakan sashimi, udang, hingga telur. 

Maki Sushi

Ini Dia Tata Cara Makan Sushi yang Benar!3
Photo Source:  tastespotting
Selain Nigiri Sushi, Maki Sushi juga merupakan sushi yang paling sering di temui nih. Kalau di Nigiri protein diletakkan di atas nasinya, di Maki Sushi kamu makan nasi sekaligus dengan protein pelengkapnya dengan cara di gulung dan biasanya diberi nori atau rumput laut di lapisan paling luar.

Sashimi

Ini Dia Tata Cara Makan Sushi yang Benar!4
Photo Source:  bbc good food
Mungkin kamu sering banget dengar nama Sashimi. Tapi tau gak sih kalau Sashimi dan Sushi itu berbeda? Nah, Sashimi ini merupakan potongan daging mentah yang biasanya salmon atau tuna yang di iris tipis tanpa nasi, sedangkan sushi merupakan nasi yang diberi tambahan potongan protein pelengkap seperti sashimi diatas nasinya.

Chirashi

Ini Dia Tata Cara Makan Sushi yang Benar!5
Photo Source:  wikimedia commons
Nah, kalau Chirasi Sushi ini pada dasarnya merupakan sushi salad karena nasi yang ditaruh di mangkuk ini diberi topping protein seperti sashimi, udang, telur, hingga sayuran. 

Fusion Sushi

Ini Dia Tata Cara Makan Sushi yang Benar!6
Photo Source:  suviche
Fusion Sushi ini gampang banget ditemui di restoran Jepang yang berada di Luar Jepang. Seperti namanya, sushi ini merupakan sushi yang udah di modifikasi dengan ditambahkan bahan-bahan yang biasanya gak biasa di gunakan di restoran sushi lokal Jepang.

Pakai Sumpit atau Pakai Tangan?

Ini Dia Tata Cara Makan Sushi yang Benar!7
Photo Source:  your family
Ini Dia Tata Cara Makan Sushi yang Benar!8
Photo Source:  unlimited grub grabs
Udah tau kan jenis-jenis sushi yang mau kamu pesan? Sekarang pasti kamu bingung nih mau makan sushinya pakai tangan atau pakai sumpit. Nah, sebenarnya penggunaan keduanya diperbolehkan aja lho. Kalau kamu emang jago banget pakai sumpit, ya kenapa gak? Tapi kalau kamu lebih nyaman pakai tangan juga gak masalah kok. 

Pemakaian Shoyu alias Kecap Asin

Ini Dia Tata Cara Makan Sushi yang Benar!9
Photo Source:  toque
Setelah itu semua, kamu pasti akan disuguhkan dengan sushi, serta shoyu alias kecap asin. Nah, kesalahan yang masih sering di lakukan adalah kamu mencelupkan semua shusi kamu ke dalam kecap asin yang ada. Hal ini justru bikin rasa asli dari sushi menjadi hilang. Nah, jika kamu memesan nigiri sushi, yang seharusnya dicelupkan kedalam shoyu adalah bagian ikannya, bukan nasinya. Sedangkan kalau kamu makan maki sushi, jangan terlalu lama mencelupkan ke dalam shoyu. 

Jangan Campur Wasabi dan Shoyu

Ini Dia Tata Cara Makan Sushi yang Benar!10
Photo Source:  halal food blog
Salah satu kesalahan yang juga sering di lakukan adalah mencampurkan Wasabi ke dalam Shoyu, padahal kalau kamu campur wasabi bisa kehilangan aromanya. Kalau kamu ingin makan sushi kamu dengan wasabi, cukup tambahkan diatas sushi kamu, jangan di campur dengan shoyu. 

Sushi Jenis Maki Dimakan Terlebih dahulu

Ini Dia Tata Cara Makan Sushi yang Benar!11
Photo Source:  elsoar
Jika kamu memesan sushi dengan jenis maki, ada baiknya kamu makan terlebih dahulu dibandingkan sushi dengan jenis lainnya. Hal ini dikarenakan maki sushi yang biasanya digulung dengan nori akan menjadi lebih alot saat sudah didiamkan lebih lama. Jadi makanlah saat masih fresh dan crunchy!

Acar Jahe Tidak Dimakan Berbarengan dengan Sushi

Ini Dia Tata Cara Makan Sushi yang Benar!12
Photo Source:  kuliner rizkikhaizir
Selain wasabi dan shoyu, ada satu lagi nih bahan yang biasanya disediakan di meja saat kamu mengkonsumsi sushi, yaitu acar jahe. Nah, acar jahe ini tidak untuk di makan berbarengan dengan sushi lho. Acar jahe di konsumsi setelah kamu memakan sashimi dan akan memakan sushi. Hal ini dilakukan karena acar jahe dapat menetralisir lidah kamu sehingga lidah akan merasakan rasa asli dari tiap-tiap sushi yang disantap.

Santap Sushi Dalam Satu Suapan

Ini Dia Tata Cara Makan Sushi yang Benar!13
Photo Source:  Cal Poly
Ukuran sushi yang dibuat kecil-kecil emang ada tujuannya. Hal ini bertujuan agar kamu menyantap sushi kamu dalam satu suapan saja. Selain itu, cara terbaik untuk makan sushi adalah dengan memasukkan sushi dengan bagian ikan yang menyentuh lidah.   Itadakimasu!